Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Seminar/ Diskusi/ Talkshow

Islam di antara Kapitalis dan Komunis

Pada galery ramadhan selasa, 24 Agustus 2010 kali ini tausiyah dibawakan oleh Moch. Zacky Zoehdy selaku direktur Amcor Perpustakaan Unair dengan tema Islam Tengah, suatu tema yang menarik dan membuat penasaran.Yang dimaksud Islam Tengah adalah bahwa islam itu berada di antara teori kapitalis dan teori komunis. Artinya bahwa teori komunis yaitu teori yang menyamaratakan hak setiap orang, dimana hak setiap orang adalah sama. Hal ini bertolak belakang dengan paham liberal atau kapitalis dimana hak setiap orang atau individu diakui. Islam tengah merupakan solusi bagi kedua paham tersebut. Dimana paham tersebut kebanyakan di tentang oleh masyarakat. Islam hadir untuk menjembatani paham-paham tersebut. Dan Islam adalah ajaran yang sempurna yang berbeda kedua paham tersebut.

Teori Komunis tentu saja bertentangan dengan ajaran Islam. Contoh teori tersebut yaitu teori Darwin. Teori Darwin menjelaskan bahwa manusia berasal dari evolusi kera. Hal tersebut tidak sesuai seperti apa yang dijelaskan Al-Qur’an bahwa manusia diciptakan oleh Allah Tuhan semesta alam. Begitu pula dengan teori kapitalis yang lebih berhubungan dengan kebebasan seseorang. Teori ini atau ajaran ini banyak di anut oleh Negara barat yang benar2 menganut kebebasan dalam kehidupannya.

Kedua teori atau ajaran ini tentunya tidak tepat bila dijadikan pegangan oleh seseorang atau masyarakat, karena ajaran atau teori-teori ini lebih banyak kerugian atau kelemahannya daripada keuntungannya buat manusia itu sendiri.

Sementara Islam merupakan ajaran agama yang sempurna, karena agama ini langsung berasal dari Tuhan selain agama samawi lainnya yaitu Yahudi dan Nasrani, seperti dalam Hadits, Rasulullah SAW bersabda, ”Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di Tangannya, tidaklah salah seorang dari umat ini yang mendengar ajaranku baik ia yahudi maupun Nasrani, kemudian ia mati dalam keadaan tidak beriman dari apa yang aku diutus untuknya, melainkan ia termasuk penghuni neraka”.

    Semua aturan tentang Islam ada di Al-Qur’an dan Hadits, sehingga kedua pedoman itulah yang harus diikuti dan di taati serta dijalankan oleh seorang Muslim. Dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, manusia perlu di uji oleh Allah SWT untuk mengetahui tingkat keimanannya. Seperti yang dikatakan oleh Allah pada Surat Al-Baqarah (2:155-156), “Dan Sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa,dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun”. Selain itu, Islam mengatur banyak hal menyangkut kehidupan di dunia ini, untuk bekal kehidupan di akhirat.

Galery Ramadhan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga setiap hari selama bulan ramadhan