Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Workshop/ Pelatihan/ Training/ Magang

Workshop: Teknik Penulisan Bersama Andi Publisher

Pembicara menerima cinderamata dari Kepala Perpustakaan Unair lib.unair.ac.id - Workshop Teknik Penulisan bersama penerbit Andi Offset merupakan acara penutup perayaan "Bulan Gemar Membaca" dan "Hari Kunjung Perpustakaan" yang diadakan Perpustakaan Unair di bulan September ini. Acara menghadirkan narasumber dari penerbit Andi Offset Edi S. Mulyanta, S.Si., M.T. (Kepala Penerbitan Buku Umum di Andi Offset).


Pembicara: Edi S. Mulyanta, S.Si., M.T. (Kepala Penerbitan Buku Umum di Andi Offset).
Edi S. Mulyanta, S.Si., M.T. (Kepala Penerbitan Buku Umum di Andi Offset).




Acara workshop dibuka oleh Kepala Perpustakaan Unair (Drs. Pudjiono, M.Si) dilanjutkan oleh sambutan dari Andre Leman, SE. selaku perwakilan penerbit Andi Offset. Acara kemudian dilanjutkan paparan narasumber yang dimoderatori oleh Erna Yuliastuti SH. SIP (Pustakawan Unair bagian Referensi Kampus A).

Acara Workshop Teknik Penulisan diadakan guna meningkatkan jumlah penulis di Indonesia terutama kalangan dosen di Universitas Airlangga. Acara yang diselenggarakan di Ruang Parlinah Moedjiono lantai 3 Perpustakaan Unair Kampus B terlihat penuh peserta workshop yang berjumlah sekitar 90 (sembilan puluh) orang.

Workshop Teknik Penulisan merupakan kedua kalinya Perpustakaan Unair mengadakan acara yang sama. Hanya saja pada acara kali ini tidak dibuat 2 sesi/ tema seperti tahun lalu (bidang penerbitan serta teknik penulisan).

"Supaya peserta tidak terlalu lelah dikarenakan puasa, maka kami terpaksa hanya membahas 1 (satu) sesi saja mengenai bidang penerbitannya saja. Mungkin di waktu lain, kami akan melanjutkan sesi berikutnya (teknik penulisan)i " ujar Taufiq Hidayat ketua panitia acara Workshop Teknik Penulisan.

Ruangan terlihat penuh peserta Workshop Teknik Penulisan
Ruangan terlihat penuh peserta Workshop Teknik Penulisan

Meski puasa, acara ini tidak menyurutkan antusiasme peserta mendengarkan paparan narasumber yang cukup menarik mengenai bidang penerbitan. Pembahasan mengenai gambaran industri penerbitan, sistem penilaian di penerbitan, metode-motode penulisan, Dasar keputusan terbit, cara mengirimkan usulan naskah, dll. merupakan salah satu contoh yang dibahas pada acara tersebut.





Acara yang berlangsung selama 2,5 jam (150 menit) diakhiri dengan sesi tanya jawab yang tidak disia-siakan oleh peserta seminar yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pustakawan yang terdapat di Unair serta beberapa undangan dari luar Unair.

Beberapa dosen memang berencana membuat buku terutama bidang mengajar mereka. Hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan dimonopoli oleh para dosen. Pertanyaan terbanyak seputar cara penulisan sumber pada gambar ditanyakan beberapa peserta dari dosen.

Setelah sesi tanya jawab, acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata yang diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Unair Drs. Pudjiono, M.Si kepada narasumber Edi S. Mulyanta, S.Si., M.T.

Selesai acara, peserta beramai-ramai mengcopy file presentasi narasumber dan tidak menyia-yiakan kesempatan berkonsultasi langsung mengenai dunia penerbitan buku pada penulis yang malang-melintang diberbagai penerbitan buku selama 12 tahun ini.