Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Unair Library Service

FAQ

  • Jam Buka Perpustakaan Universitas Airlangga di Masa New Normal ?

    Jam buka Perpustakaan Universitas Airlangga pada masa New Normal 

    - Hari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00-15.30 WIB

    - Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB



    Waktu kunjungan dibatasi dengan registrasi kunjungan terlebih dahulu melalui Aplikasi AILIS http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan

    Masa New Normal jumlah kuota kunjungan sekali waktu sebanyak:
    - Kampus A: 25 orang
    - Kampus B: 100 orang
    - Kampus C: 15 orang

  • Bagaimana cara registrasi kunjungan?

     Cara Registrasi Kunjungan ke Perpustakaan Universitas Airlangga:

    1. Buka aplikasi AILIS --> http://ailis.lib.unair.ac.id

    2. Pilih menu --> Keanggotaan Online

    3. >  Bila sudah singkronisasi data
            - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus  --> klik masuk

        > Bila belum sinkronisasi data --> klik sinkronisasi cybercampus
           - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus --> klik aktifkan
           - Kembali ke halaman sebelumnya 
           - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus  --> klik masuk

    4. Pilih menu sebelah kiri --> klik registrasi kunjungan

    5. Pilih Lokasi yang akan dikunjungi --> Pilih salah satu Perpustakaan Kampus A, Perpustakaan Kampus B, Perpustakaan Kampus C  --> klik OK

    6. Pilih jadwal hari ini atau besok, Pilih jadwal yang diinginkan : klik registrasi

    7. Keluar Pop out pertanyaan, Pesan jadwal ini --> klik ok

    8. Jawab pertanyaan apa yang anda ingin lakukan ke perpustakaan? Pilih salah satu jawaban dibawah ini

       - Kunjungan biasa/ membaca
       - Penelitian
       - Tugas Kuliah
       - Pencarian Literatur
       - Mengakses Layanan / Menelusur eJournal
       - Akses OSIRIS

    9. Selesai. Jadwal kunjungan anda telah terregistrasi pada sistem kami.

  • Bagaimana proses peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku semasa Perpustakaan Lockdown?
    • PEMESANAN BUKU :

    - Login keanggotaan AILIS di http://ailis.lib.unair.ac.id/opac/ --- bila belum sinkronisasi cybercampus masuk ke http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan

    - Cari buku yang akan dipinjam di Catalog Online AILIS

    - Apabila sudah menemukan buku yang akan dipinjam pilih (klik) tombol pesan buku

    - Mahasiswa semester 1-4 dapat meminjam maks 15 buku, mahasiswa semester 5 keatas dan S2, S3 serta dosen dapat meminjam maksimal 20 buku

    - Tunggu notifikasi melalui WA dari petugas bahwa buku telah tersedia (ready) untuk diambil dan melakukan koordinasi untuk pengambilan/pengiriman bukunya.

    - Cara mendapatkan buku, antara lain:

       > Diambil sendiri ke Perpustakaan kampus B pada pukul 14.00 – 15.00 WIB

       > Melalui jasa pengiriman (jasa pengiriman bisa melalui ekspedisi semacam JNE,dll atau juga
           melalui Go-Send Grab-Xpress)

            - Melakukan pembayaran ongkir terlebih dahulu apabila pengiriman melalui ekspedisi
            - Bila menggunakan jasa kurir pengiriman (Go-Send/Grab-Xpress), pemesanan dilakukan sendiri setelah berkoordinasi dengan petugas melalui WA

    - Bagi yang datang sendiri wajib membawa KTM Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku;

    - Wajib mengikuti protokol kesehatan

     

    • PERPANJANGAN BUKU :

    Perpanjangan buku dapat dilakukan melalui AILIS atau download aplikasi androidnya. (khusus masa pandemi perpanjangan dapat dilakukan secara berulang). Pastikan perpanjangan buku sebelum jatuh tempo. Lewat jatuh tempo buku tidak dapat diperpanjang secara online. Denda keterlambatan buku Rp.1000,-/hari (Masa lockdown Perpustakaan menerapkan pemutihan denda khusus di tanggal 23 Juni s/d 2 Juli 2021).

     

    • PENGEMBALIAN BUKU:

    - Pengembalian buku di Pusatkan di Perpustakaan Unair Kampus B, silahkan datang langsung tanpa registrasi kunjungan di aplikasi AILIS atau
    - Buku dapat dikembalikan melalui ekspedisi seperti Pos, Tiki, JNE dll, atau melalui layanan jasa kurir pengiriman online (Go-Send/ Grab-Express).

    Tujukan ke alamat:
    Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B:
    Bagian Sirkulasi Perpustakaan UNAIR Kampus B
    Jl. Dharmawangsa Dalam Surabaya No Telp 0315030826


    Sertakan nomor WA yang aktif dan fotokopi KTM, bila ada denda nanti akan dihubungi staf perpustakaan bagian sirkulasi.


    Apabila terdapat denda buku maka dapat dilakukan transfer denda ke:
    - Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966800000000004 a.n. Universitas Airlangga
    - BNI Virtual Account Nomor: 9883030300000219 a.n. Universitas Airlangga
    bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke Transfer_Denda

    Permasalahan / pertanyaan hub Wa Perpustakaan : 082231517409
    Email : layanan@lib.unair.ac.id 

    Video Tutorial Proses Peminjaman buku via AILIS: Video Peminjaman Ailis

    alurPeminjamanAilis

  • Bagaimana saya membayar denda bila buku saya kembalikan via kurir/ ekspedisi

    Denda dapat dibayarkan via transfer

    1. 1. Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966800000000004 a.n. Universitas Airlangga
    1. 2. BNI Virtual Account Nomor: 8966812345678999 a.n. Universitas Airlangga

     Berikut ini adalah tata cara pembayarannya:

     Pembayaran melalui Mandiri ATM
     Pembayaran melalui Mandiri Online
     1. Masukkan kartu ATM dan PIN

    2. Pilih menu BAYAR/BELI

    3. Pilih menu PENDIDIKAN

    4. Masukkan kode Perusahaan / Institusi , yaitu “89668” (UNIVERSITAS AIRLANGGA)

    5. Masukkan No. VA, contoh: 8966812345678999

    6. Masukkan Nominal

    7. KONFIRMASI: Tekan 1 kemudian tekan OK

    8. Transaksi Selesai

    9. Simpan Struk Pembayaran

     1. Buka aplikasi mandiri online di handphone atau PC

    2. Masukkan user id dan pin di halaman log in

    3. Pilih menu BAYAR --> BUAT PEMBAYARAN BARU

    4. Pilih menu PENDIDIKAN --> 89668 atau UNIVERSITAS AIRLANGGA

    5. Masukkan No. VA, contoh: 8966812345678999

    6. Masukkan Nominal

    7. Tekan LANJUT

    8. Tekan KONFIRMASI

    9. Masukkan MPIN Banking kemudian tekan OK

    10. Transaksi Selesai

     

    Pembayaran melalui ATM BNI  Pembayaran melalui Mobile Banking BNI

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN

    2. Pilih MENU LAIN

    3. Pilih menu TRANSFER

    4. Pilih menu DARI REKENING TABUNGAN

    5. Pilih menu KE REK. BANK BNI

    6. Masukkan KODE VA BANK BNI 9883030300000219 an Universitas Airlangga

    7. Masukkan NOMINAL (sesuai tagihan)

    8. Muncul halaman konfirmasi, cek kembali data dan informasi

    9. KONFIRMASI TRANSFER ATM pilih TEKAN JIKA YA

    10. Transaksi Selesai

    11. Simpan Struk Pembayaran

    1. Buka aplikasi mobile banking BNI di handphone

    2. Masukkan user id dan pin di halaman log in

    3. Pilih menu TRANSFER --> KE REK. BANK BNI

    4. Pada bagian REKENING TUJUAN pilih INPUT BARU

    5. Pada bagian BANK TUJUAN pilih BNI

    6. Pada bagian REKENING TUJUAN masukkan No. VA 9883030300000219 an Universitas Airlangga

    7. Pada bagian NOMINAL isi sesuai tagihan

    8. Tekan LANJUT

    9. Masukkan Password Transaksi kemudian tekan LANJUT

    10. Transaksi Selesai

     atau download tatacaranya disini

     

    bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke http://bit.ly/transferdendapua

    NB: INFORMASI SELANJUTNYA

    Email: layanan@lib.unair.ac.id

    WA PERPUS UNAIR 082231517409

  • Apa saja layanan online Perpustakaan Unair semasa Pandemi?

    Perpustakaan Unair membuka beberapa layanan online diantaranya:
    - Pemesanan dan Perpanjangan Buku --> Aplikasi AILIS
    - Pemesanan Koleksi Repository --> http://bit.ly/PesanRepoUA
    - Pemesanan e-Resources (artikel e-Journal dan e-Books) --> http://bit.ly/penelusuranPUA
    - Akses eResources (e-Journal & e-Books) --> https://www.lib.unair.ac.id/eResources
    - Surat Bebas Pinjam --> Bebas Pinjam
    - Unggah Mandiri Repository --> http://bit.ly/Unggah_Mandiri
    - Request Akses Database OSIRIS --> http://bit.ly/RequestOsirisUA

     
  • Bagaimana cara memesan file repository (Skripsi/Tesis/Disertasi/Tugas Akhir) ?
    Pemesanan file repository dengan mengisi form permintaan melalui bit.ly/PesanRepoUA.
    File yang akan dikirimkan terbatas sampai dengan bab metodologi penelitian.
    Bagi Siva Unair tidak dikenakan biaya, untuk non Unair dikenakan biaya penelusuran sebesar Rp20.000 untuk 1 topik (Maksimal 2 judul repository) + Rp500,-/lembar.
     
    Membaca repository secara fulltext hanya dapat dilakukan di Perpustakaan Unair baik Kampus A, Kampus B (ruang KK-I) dan Kampus C di Ruang eLibrary  
    Sementara ini kunjungan ke Perpustakaan Unair kami batasi hanya untuk Sivitas Akademika Universitas Airlangga (pada masa pandemi).
    Silahkan register kunjungan via AILIS menggunakan email cybercampus. http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan.

    *Catatan:
    - Untuk skripsi tahun 2007 kebawah sudah dapat diakses fulltext PDFnya tanpa harus login.
    - Sementara ini hanya Fakultas Keperawatan UNAIR yang mengijinkan untuk open access dibuka secara fulltext.
  • Bagaimana cara mengikuti Library Class?

    Masa pandemi kami menyelenggarakan pelatihan secara daring/ virtual menggunakan aplikasi Zoom.

    Library Class meliputi :
    - Library101 (bersertifikat +SKP, seputar Perpustakaan dan cara menelusur aplikasi yang dimiliki Perpustakaan Unair)
    - ORM (Online Research Management) (Tahapan penelitian, cara menelusur Jurnal yang dilanggan Universitas)
    - ReferenceManager: Mendeley (Mengorganizir file, Pembuatan Sitasi dan Daftar Pustaka secara otomatis)
    - Optimalisasi MSWord,
    - Presentation with Canva

    Cara mengikuti:

    - Minimal peserta 10 orang (kecuali #Library101 min 10 orang)
    - Pilih waktu di Hari Senin s/d Jumat diantara Pukul 09.00-14.00 WIB
    - Cantumkan nama perwakilan yang bisa dihubungi
    - Harap menghubungi seminggu sebelum kegiatan dilakukan
    - Hubungi Staf Bagian Latbang by WA:

       > Indah Rachma (985704923718)
       > Nurma ( 0818222995)

  • Bagaimana memanfaatkan layanan e-book, e-journal saat di rumah?

    Untuk akses jurnal luar kampus (di rumah) dapat melalui akses Open VPN

  • Bagaimana cara mendapatkan surat bebas perpustakaan?

    Untuk mendapatkan surat bebas perpustakaan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

    - Unggah secara individu skripsi/thesis/disertasi anda ke bit.ly/Unggah_Mandiri
    - Lakukan semua dengan menggunakan e-mail Unair, bila tidak ada permasalahan, anda akan segera mendapatkan Surat Tanda Terima skripsi/thesis/disertasi
    - Cek selalu email anda, karena surat tanda terima itu akan diberikan di sana atau bila ada masalah, petugas selalu memberikan informasi via email
    - Jika telah menerima surat tanda terima, nantikan surat bebas pustaka dari bagian layanan di email anda
    - Video singkat bagaimana proses ini, sudah kami tayangkan di Highlight INFO LAYANAN di Instagram @unairlibrary atau layanan media social kami yang lain yakni Facebook dan Twitter

    https://www.facebook.com/122858957883047/videos/1604166339935537
    https://www.facebook.com/122858957883047/videos/3243684655713688

Ailis for students

android

- Profil Anggota

- Perpanjangan buku

- Daftar Pemesanan buku

- Status Koleksi

- Usulan Koleksi

- Histori Koleksi

- Alur Peminjaman Buku
- Registrasi Kunjungan

   

WOS1

Access eResources

Video Tutorial

kunjungan  Peminjaman