IMG 20181107 094156Selasa dan Rabu 6-7 November 2018, Facebook Indonesia dengan dukungan dari beberapa kementrian menyelenggarakan FB Laju Digital di mana mereka mengundang rekan-rekan UMKM untuk memberikan beragam inspirasi dari para influencer sehingga bisa termotivasi usahanya agar makin berkembang dengan baik. Pada sesi awal acara dibuka oleh Ferdy Nandes selaku Kepala Bisnis Berkembang dan UKM Indonesia dan langsung mengundang 3 jagoan (Jangkar Bawono, Fanny Angela dan Albert Sentosa) yang telah berhasil mengembangkan usahanya baik secara offline dan kemudian berpindah online untuk menjangkau market yang lebih besar. Teman-teman FB yang diundang ini berwirausaha dalam bidang sepatu, aksesoris khusus wanita dan fashion wanita. Mereka menyarankan kepada semua yang hadir untuk memiliki bisnis yang unik dan segmented sehingga target pasar yang akan diraih mampu ditelaah dengan baik. Dengan pasar yang telah teridentifikasi, produsen akan mampu mengembangkan produk yang sesuai dan keinginan akan lebih cepat diketahui.

Selain mendatangkan para pengusaha yang berhasil memanfaatkan media daring, FB juga memberikan pelatihan bagaimana mengoptimalisasi media sosial mereka dari menggunakan FB Page, Instagram dan juga WhatsApp. FB dan IG yang digunakan lebih dari 110 juta pengguna di Indonesia adalah pasar terbaik untuk memasarkan produk. FB pun mengenalkan fitur dan kanal yang sebelumnya belum dieksplorasi oleh penggunanya. Salah satu diantaranya adalah mengeksplorasi insight dimana di setiap terbitan yang telah kita publikasikan akan diketahui siapa saja yang telah membaca dan memanfaatkan informasi tersebut bahkan dari situ kita juga bisa mengetahui jangkauan dan jenis kelaminnya. Eksplorasi FB beserta fiturnya ini dibawakan oleh Efrata Puji Harsono selaku Accoun Manager FB Indonesia dan turut mengundang seorang Ibu Rumah Tangga Diah Afrianti yang berhasil mengembangkan bisnis kue keringnya yakni Diah Cookies dengan menjadikan media sosial sebagai sarana pemasarannya.

FB juga dalam kesempatan yang sama, memberikan ragam trik membuat video keren bahkan memotret kece dan cukup hanya mengandalkan telepon genggam, pencahayaan dan tripod. Bahkan di sesi Stories, peserta diajak untuk membuat Stories yang keren karena memang saat ini lebih banyak orang memanfaatkan konten stories. School of Stories disampaikan begitu menarik oleh Ovictoriana. Konten menarik bukan hanya mengisahkan tentang diri kita, namun memberikan ruang untuk pelanggan kita dalam testimoni atau bahkan memberikan inspirasi menarik. Selain IG stories, FB juga mengenalkan lini produk yang baru khususnya WA Business yang terhitung baru diluncurkan dan sangat cocok dipergunakan bagi para pebisnis diantaranya mengatur jadwal agar terus bisa berkomunikasi meski tidak harus beroperasi 24 jam.

Hits 212