IMG 7496

Menangkap kegalauan para mahasiswa tingkat akhir tentang kewajiban untuk sumbit publikasi ilmiahnya di jurnal internasional, Perpustakaan Universitas Airlangga beberapa kali mengadakan workshop tentang strategi publikasi ilmiah. Pada bulan Maret ini, pada tanggal dua puluh satu Perpustakaan kembali mengadakan workshop yang mengambil topik "Workshop Writing Skill : Sukses Publikasi di Jurnal Internasional". Yang menarik dalam workshop ini adalah dengan diundangnya Prof. Dr. Moh. Yasin, M.Si. Beliau adalah Guru Besar Fakultas Sains dan Teknologi (FST-UNAIR) dan penulis 105 publikasi yang terindeks Scopus. 

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan UNAIR, Prof.Dr, I Made Narsa, SE., M.Si., Ak. CA. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi seluruh peserta yang hadir, terutama peserta yang rela datang dari luar pulau demi mengikuti workshop ini. Setelah sambutan, langsung masuk ke materi pertama yang disampaikan oleh Prof. Yasin. Dihadapan para peserta workshop, Prof.Yasin membeberkan tips dan trik serta pengalaman beliau dimulai sejak penulisan, proses submit, pencarian jurnal yang pas, hingga proses submit kepada kurang lebih lima puluh peserta.

Setelah pemaparan materi, dilakukan tanya jawab dan ada tiga orang peserta yang diberikan kesempatan untuk bertanya pada Prof.Yasin. Salah satu peserta mempertanyakan apakah boleh mengirimkan satu publikasi ke beberapa jurnal, untuk mempercepat memperoleh kepastian jurnal mana yang terlebih dahulu merespon karena jawaban dari satu jurnal bisa sangat lama. Menurut Prof. Yasin, tidak diperkenankan untuk mengirimkan satu judul publikasi ke banyak jurnal.

Setelah sesi pertama habis dilanjutkan dengan materi penelusuran sumber informasi secara cepat dan tepat yang disampaikan oleh Dadi Haryadi, Regional Manager CV. Sagung Seto. Sesi terakhir adalah bagaimana menulis efektif dengan Mendeley yang disampaikan oleh Dwi Novita Anawati, S.Sos., M.Sc salah satu Pustakawan Perpustakaan UNAIR. 

Hits 261