Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

WhatsApp Image 2018 12 28 at 11.21.45Penulis : Tere Liye
Jumlah halaman : 298 halaman
ISBN : 978-602-9474-121
Terbit : Juli 2018
Penerbit : Mahaka Publishing

Harga sebuah percaya ini adalah salah satu karya dari novelis TERE LIYE yang pernah dijadikan film di layar lebar. Novel ini mengangkat tema percintaan dan kesengsaraan dari seoarang pemuda yang bernama Jim atas cinta pertamanya yakni Nayla. Bagi para pecinta novel, novel ini sangat bagus dan menarik untuk dibaca,pengemasan jalan cerita juga mudah di mengerti, serta penggambaran watak dan susasana yang juga mudah di pahami.

Cerita dimulai dengan perpisahan, yang tidak semestinya biasa di lakukan oleh novel-novel cinta lainya.mengapa demikian, awalnya seoarang pemuda yang bernama Jim yang memiliki keyakinan sejak kecil hanya ada satu cinta sejati dalam kehidupan. " Pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya" Ia menemukan cinta pertamanya di sebuah pernikahan temanya yang bernama Marguiretta. Jim bertemu dengan seorang gadis yang bernama nayla seorang anak bangsawan dari negeri sebrang. Setelah lama menjalin kasih, pada akhirnya kasih itu sirna karena latar belakang keluarga yang berbeda, juga membuat Nayla menenggak sebotol racun untuk mengakhiri hidupnya. Sifat pengecut dari Jim juga penyebab matinya Nayla. Setelah kepergiannya Jim terpuruk tidak karuan, hingga pada suatu hari datang sang penandai yang ingin membantu jim bangun dari keterpurukan. Sekian kali bertemu jim disarankan untuk ikut berlayar dengan kapal menuju tanah harapan, memulai dongeng yang ia lakukan.berlama lama bergabung menuju tanah harapan ia berubah bangkit menjadi pribadi yang pemberani dan gagah, hingga pada akhirnya sampai di suatu benua selatan dan menemukan gadis yang cantik,dapat melupakan kenangan pilu berbulan-bulan.

kisah kedua dimulai perjodohan dan pertemuan antara jim dengan seorang gadis yang cantik seperti Nayla dan juga memiliki suara yang merdu seperti Nayla-nya. Tapi,bukanya dimulai dengan kisah bahagia dikota campa, ternyata setibanya rombongan kapal laksamana ramirez disambut oleh luluh lantahnya kota campa akibat peperangan yang terjadi. Berbagai peristiwa sudah mereka lewati di kota tersebut. Mulai dari yang mencekam hingga yang membahagiakan. Setelah itu perang saudara tidak bisa di hindari lagi karena laksamana ramirez menolak perjodahan yang dilakukan oleb baginda campa (pemimpin kota campa). Perang saudara itu terjadi selama hingga tiga hari, persis di hari ke empat setelah cahaya matahari menyentuh area pertempuran akhirnya menangkap segaris tipis daratan jauh di depan sana. Itulah tanah harapan yang jim dan lainnya cari.

Di akhir cerita akhirnya jim berdamai dengan kenangan masa lalu yang melukai hatinya. Hadiah besar telah menunggu orang yang percaya hingga detik terakhir. Jim dan Nayla dipertemukan entah mengapa bisa terjadi, di tanah harapan mereka punya banyak pekerjaan untuk membangun kota baru disana. Dongeng yang sangat dibutuhkan selama ini.

Seperti halnya dongeng, keajaiban secara pasti datang tiap kali masalah menimpa tokohnya tetapi penulis bisa meramu ending yang unik serta tidak terduga. Secara filosofis kita akan belajar tentang bagaimana mengambil risiko untuk terus melanjutkan hidup meski hati sedang patah. Justru dengan terlalu memeluk kesedihan dan tidak mau melangkah maju, kesedihan akan semakin kuat mencengkeram dan menyedot semangat hidup. Sesekali Jim jatuh hati pada sosok perempuan lain yang ia temui di tengah perjalanan berlayar, namun ia tetap ingin mendampingi kawan-kawannya karena tak ingin hidup dalam kebahagiaan semu. Bertarung, melawan musuh, berjuang bersama kawan seperjalanan membuat Jim lebih bijak. Novel ini layak dibaca para pecinta atau penyuka dongeng.  Novel  ini diterbitkan oleh Mahaka Publishing hingga saat ini sudah 5 kali cetak ulang pada  pada Juli 2018 setebal 298 hlm. Novel ini sangat menarik untuk dibaca dan koleksi ini bisa ditemukan di Koleksi Khusus- 1 Perpustakaan Kampus B dengan No.klas 808.83 Liy h. Selamat membaca!

Hits 907