Ketika loyalitas kerja kita dipertanyakan

Dadang Kadarusman adalah seorang yang mengkhususukan diri dalam bidang Natural Intelligence and Mental Fitness, Leadership, dan Management. Beliau mengawali kariernya sebagai salesman. Beliau juga seorang yang punya banyak kesempatan dalam bekerja sambil belajar. punya segudang pengalaman dalam bidang Sales and marketing, training and development management, customer retension dsb. sebelum akhirnya terjun ke bidang pelatihan.

          Dalam bukunya yang diberi judul “Ketika kuda, semut dan gajah bekerja “, termuat 50 cerita inspiratif yang dapat membangkitkan semangat kerja dan jiwa kepemimpinan. Tema ini sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan penyemangat kerja dan ingin sukses dalam karir. Semua disampaikan secara ringan dan sedikit humoris sehingga tidak terkesan menggurui.

     Buku ini dikemas menjadi lima bagian, di mana antar bagian saling terkait dan mendukung. Dengan membaca bagian pertama ini cakrawala pemikran kita jadi terbuka tentang bagaimana seharusnya kita bersikap dalam dunia kerja. Dalam bagian ini dipaparkan tentang definisi pekerjaan: apakah pekerjaan yang kita dapatkan merupakan pekerjaan idaman, apakah bayaran yang kita peroleh sudah sesuai dengan kemampuan dan kontribusi kita masing-masing. Bagaimana kita mensyukuri apapun pekerjaan kita, dengan mensyukuri pekerjaan yang kita emban kita dapat mencurahkan dedikasi tinggi dan bisa menjadi karyawan yang bisa diandalkan.

     Bagian kedua dari buku ini mengemukakan tentang kepemimpinan. Bab ini diawali dengan judul “Semua orang ingin memimpin, tapi sedikit yang bisa memimpin diri sendiri”. Kepemimpinan bukan sesuatu yang datang tiba-tiba. Selain seseorang memiliki talenta juga perlu pengalaman-pengalaman dan tempaan-tempaan yang akan mengantar menjadi seorang pemimpin yang handal. Ketika anda menjadi bawahan pimpinan anda akan mampu mengenali potensi yang tersembunyi dalam diri orang-orang yang dipimpinnya. Dia tahu apakah anda bisa dikembangkan menjadi pemimpin di masa mendatang atau tidak. Dalam bagian ini juga dikemukakan bahwa seorang pimpinan suatu saat dapat menjadi bawahan, begitu juga sebaliknya.

     Pada bagian ketiga buku ini memaparkan bgaimana persaingan dalam bekerja. Persaingan tidak selalu berdampak buruk. Dalam buku ini dipaparkan bagaimana seharusnya bersaing secara positif untuk memperoleh keberhasilan. Disebutkan pula bahwa tidak ada perbedaan antara lelaki dan perempuan dalam bidang pekerjaan. Keduanya mempunyai kesetaraan dan kedua-duanya mampu untuk diandalkan. Disampaikan pula bagaimana kita mengukur seberapa besar kapasitas aktual diri kita sebagai karyawan ? Jika komputer harus ditingkatkan RAM nya untuk menaikkan kinerjanya, maka seorang karyawan juga harus selalu meningkatkan kompetensinya. Dalam buku ini disebutkan ada 4 elemen penting yang harus kita tanamkan dalam diri kita yaitu DASI. DASI bukan semata-mata yang menggantung di leher kita melainkan: 1. D =Dedication atau dedikasi, 2, Attitute atau sikap, 3. Sense of belonging atau rasa memiliki, 4. Integrity atau integritas diri. Keempat elemen ini sangat penting dimiliki oleh semua karyawan. Jika satu saja tidak terpenuhi maka kita tidak termasuk dalam karyawan yang terpilih.

     Di bagian keempat membahas mengenai berbagai ketidakpatian yang mungkin dialami oleh perusahaan. Apa yang seharusnya kita lakukan jika perusahaan dalam situasi yang sedang sulit. Digambarkan juga bagaimana kita menolong perusahaan keluar dari kritis. Apakah kita merupakan karyawan yang setia terhadap perusahaan dalam kondisi apapun. Di sini loyalitas seorang karyawan ditantang, sudahkah kita bekerja dengan sepenuh hati dan melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

     Pada bagian kelima buku ini diuraikan tentang kaitan antara etos kerja dengan kehidupan spiritual. Apakah anda bekerja hanya untuk mengejar materi dan kemuliaan ? Apakah kesuksesan sanggup memberikan anda kebahagiaan ? Apakah kita layak untuk mendapatkan penghargaan ? Semuanya diulas dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

     Dalam buku ini penulis berhasil mengutarakan seluruh ide-idenya, dan mempunyai kemampuan bernalar yang baik. Sehingga dapat memotivasi pembaca untuk percaya dan mengikuti teori-teori yang dikemukakan.

     Buku ini sarat dengan perumpamaan dan nasehat yang mampu menyadarkan dan membuka pintu hati pembacanya yang ingin meraih kesuksesan kerja dan karier. Karenanya buku ini sangat cocok dibaca oleh para karyawan baik diperusahaan-perusahaan swasta ataupun lembaga-lembaga pemerintah. Buku ini dirensensi oleh Djuwarnik.

Hits 3366