maba15Awal  September 2015, aktivitas mahasiswa di Universitas Airlangga dimulai kembali. Nampak dari parkiran motor yang penuh sesak dengan kendaraan bermotor dan kantin yang penuh dengan mahasiswa yang sedang menikmati makanan, begitu juga dengan perpustakaan. Dari pintu masuk perpustakaan sudah dipenuhi dengan mahasiswa, yang antri untuk menitipkan tas maupun antri untuk masuk ke dalam layanan perpustakaan melalui pintu gate. Mayoritas mahasiswa yang datang ke perpustakaan adalah mahasiswa baru 2015 atau disebut juga dengan Ksatria’15.

 

Mereka antusias sekali datang ke perpustakaan untuk mencari buku yang direferensikan oleh dosen mata kuliah. Semangat yang tinggi untuk menempa diri di jenjang perguruan tinggi, terlihat dari aura mereka saat bertanya pada para pustakawan. Suasana dan keadaan di perpustakaan saat mereka sekolah dulu dan perpustakaan dimana di perguruan tinggi tentunya berbeda. Untuk itulah diperlukan bimbingan dan panduan bagi para mahasiswa baru tersebut.

Peran pustakawan sangat dibutuhkan untuk membimbing dan memberikan informasi mengenai layanan di perpustakaan. Cara menelusur buku melalui OPAC merupakan hal “wajib” yang perlu disampaikan agar mahasiswa baru dapat menemukan buku yang mereka butuhkan. Selain itu, penjelasan mengenai ruang-ruang yang ada di perpustakaan juga tidak boleh ketinggalan untuk diinformasikan, agar mereka mengetahui lokasi buku yang dicari beserta bagaimana cara meminjam buku tersebut.

Hits 1303