IMAG8706 2Prancis bagian selatan? Pasti pada bingung ya, dimana itu Prancis Bagian Selatan. Nah kemarin, Warung Prancis UNAIR kedatangan tamu seseorang yang mendapat pendidikan master gratis dari program doble degree Dikti (Indonesia dan Prancis). Beliau adalah Muhammad Yudistira Azis.

Muhammad Yudhistira Azis yang akrab dipanggil dengan Yudis ini memulai pendidikan S3 ini mulai tahun 2012 hingga 2015 dan baru saja beberapa bulan menyelesaikan studinya. Yudis sendiri bercerita banyak sekali perguruan tinggi bermutu yang ditawarkan oleh Prancis bagian selatan diantara tempat kuliah dia yakni Aux Marseille dan beberapa universitas lain seperti di kota Nice yang udah deket beberapa jam ke Italia.

 

Yudis sendiri bertutur, bila ingin kuliah di Prancis, mulai sekarang segera siapkan Bahasa Prancismu. Persiapannya mulai dari kursus atau dengan membaca dan mendengarkan musik berbau Prancis dan hal inilah yang akan mempermudah kamu untuk belajar. Ada keuntungan lain loch bila kamu menggunakan Bahasa Prancis. DELF atau nama keren TOEFLnya Prancis berlaku seumur hidup dan kamu harus lulus dengan skor 500 atau setara B2 lah.

Saat ini mulailah kamu dengan mencari informasi seputar pendidikan di Prancis dengan mengakses Campus France, kemudian siapkan beberapa dokumen diantaranya paspor, visa, ijazah, akta kelahiran yang semuanya sudah diterjemahkan ke Bahasa Prancis, namun bekal utama kamu jangan lupa yakni kuasai Bahasa Prancis.

Di Prancis bagian selatan jangan kuatirlah kamu bila tinggal di sini, orang Indonesia ada, biaya kehidupannya juga cukup terjangkau bahkan transportasi daratnya pun mudah. Ada KJRI atau Konsulat Jendral Republik Indonesia yang selalu berikan banyak kegiatan sehingga kamu tetap merasa tinggal seperti di negara sendiri.

Tertarik? Segera kamu cari-cari informasi studi ke Prancis khususnya di bagian selatan mulai saat ini.

Hits 1012