IMG 20151023 WA0001 2Selama 3 hari berturut-turut, beberapa Pustakawan Universitas Airlangga yang ditunjuk, memberikan pelatihan manajemen perpustakaan sekolah kepada 68 orang pengelola dari Yayasan Pendidikan Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur. Ke 68 peserta ini berasal dari berbagai kota di Jawa Timur dan juga berlatar belakang sekolah yang berbeda, dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah.

 

Pendidikan pelatihan manajemen perpustakaan sekolah ini diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah Jawa Timur dari tanggal 23 Oktober hingga 25 Oktober 2015. Pustakawan UNAIR sendiri memberikan ragam materi diantaranya bagaimana mengelola perpustakaan dengan baik berdasarkan nilai histori dan perkembangannya hingga saat ini. Pustakawan juga memberikan materi tentang bagaimana teknologi informasi memudahkan akses dan pengelolaan perpustakaan melalui perangkat lunak SENAYAN. Selain itu juga, pustakawan memperkenalkan bagaimana situs perpustakaan menjadi satu kesatuan dengan beberapa sekolah binaan yang tergabung dalam Isekolah. 

Pustakawan UNAIR juga memberikan pelatihan mendasar mengenai bagaimana katalogisasi dan klasifikasi koleksi sehingga pelanggan memudahkan aksesnya. Dalam pelatihan ini, Pustakawan UNAIR pun tak segan-segan membimbing satu persatu peserta sehingga mereka pun benar-benar mampu menyerap materi yang diberikan. Pustakawan UNAIR juga memberikan ragam informasi bagaimana mengenal NET Generation yang kini menjadi tantangan bahkan nilai lebih sehingga kita dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Promosi dan membuat program untuk menyemarakkan perpustakaan sehingga ada nilai lebih yang didapat pelanggan juga diberikan oleh pemateri disamping memberikan bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik.

Di akhir sesi, para peserta diajak berkunjung ke salah satu perpustakaan milik Yayasan Muhammadiyah yakni SMAM 2 Sidoarjo. Di sana, peserta diharapkan terinspirasi apa yang dilakukan oleh staf perpustakaan SMAM 2 Sidoarjo. Bagi instansi anda yang berminat membangun perpustakaan berkualitas, silahkan hubungi kami via email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Hits 3768