IMAG8811 2Apa yang kamu lakukan saat sudah lulus kuliah? Ikut pembekalan sebelum wisuda dan tentu mempersiapkan diri untuk mencari lowongan kerja. Demikian pula apa yang dilakukan oleh Riki Sonjaya, pria asal Bandung yang lahir di lokasi terpadat di kota kembang tersebut dan menjadi tumpuan keluarga. Dari silsilah keluarga, semua kakak, ayah dan ibunya, belum merasakan bangku kuliah dan dia adalah harapan satu-satunya. Sang ayah menuturkan betapa bangganya nanti bila sang anak lulus dan mengenakan toga.

Cita-cita sang ayah pun tercapai. Riki berhasil lulus di Politeknik ITB. Ada sesuatu yang menarik saat pembekalan wisuda tiba dimana para alumni memaparkan bahwa lulusan D3 nanti tidak akan ada yang bisa mencapai gaji 2 juta ke atas (pembekalan dilakukan di tahun 2007 dimana Riki lulus di tahun tersebut). Dalam hati Riki ingin sekali membuktikan bila apa yang diucapkan oleh alumninya tidaklah benar. Setelah ia mengecek kembali semua lowongan, ternyata benar apa yang diucapkan oleh alumni. Ia tidak patah semangat untuk mencari dan akhirnya mendapatkan posisi terbaik namun sangat berbeda dari apa yang ditekuninya. Di perusahaan batu bara PAMA, Riki didaulat berkarya di bagian K3LH (Keselamatan, Kesehatan Kerja & Lingkungan Hidup) padahal Riki lulus dari Teknik Mesin. Ia pun berjiwa besar untuk belajar dan meraih asa meski apa yang ditekuninya beda dari apa yang dipelajarinya.

Riki pun diberikan wewenang oleh perusahaan untuk ikut kompetisi di Singapura. Dalam setiap kompetisi, perusahaan belum sama sekali meraih prestasi. Dengan berucap “IYA & BISA” Riki pun dengan sekuat tenaga ingin sekali meraih keberhasilan di kompetisi tersebut. Kata IYA & BISA merupakan kunci kesuksesan dia menjalani kompetisi tersebut. Prestasi pun mampu ia raih bersama tim di tahun 2009 dan 2010 dia pun dipercaya kembali untuk melakukan hal yang sama dan kembali dia meraihnya.

Meski karir di perusahaan tambang tersebut cukup bagus, ternyata Riki belum merasa puas, dia pun beralih ke perusahaan minyak dan di sana prestasi pun juga mampu direnggutnya. Banyak hal yang dilakukannya dengan selalu aktif dan tak pernah berpuas diri bahkan karyanya itu ingin sekali dibagikannya kepada kaum muda. Dia pun akhirnya bergabung di YOT Nusantara. Di sini, Riki menemukan sesuatu yang baru bahkan membuatnya makin bersemangat untuk menularkan energi ke anak muda di seluruh Indonesia.

Ada yang menarik dari pribadi Riki ini, hobinya yang suka bernyanyi, menghantarkannya untuk mengikuti audisi Indonesian Idol meski sempat dia meninggalkan UTSnya. Wah ternyata ada bakat terpendam juga ya. Ada beberapa pesan menarik dan penting dari Riki untuk kamu diantaranya bangun koneksitas dan jaringan. 

Hits 1220