12241419 390762364426037 5729116439448117164 n

Di era informasi yang menuntut segalanya serba cepat dengan muatan informasi yang menarik, ditambah dengan komitmen untuk mendukung misi Universitas Airlangga yakni menduduki peringkat 500 besar dalam Top World Class University, turut merubah paradigma profesi kehumasan. Humas tak lagi hanya mengatur kegiatan rektor dan jubir saja, namun telah berperan besar dalam membangun citra Unair. Sehingga dengan pencitraan tersebut dapat mempengaruhi opini publik/masyarakat tentang Unair. Tak cukup jika hanya Pusat Informasi dan Humas (PIH-Unair) yang berjuang. Kini, saatnya tim humas yang terdapat di tiap fakultas, lembaga, maupun unit kerja berkolaborasi bersama untuk menjadi ‘etalase’ Unair.

 

Tujuan penyelenggaraan Workshop “Upgrade Informasi Kehumasan, Penulisan Berita di Website, dan Teknik Fotografi” dipaparkan secara lugas oleh Bapak Suko Widodo selaku Ketua PIH-Unair dalam sambutan pembukaannya yang di gelar di Hotel Ibis Surabaya kemarin (24/11). “Pertemuan ini adalah moment yang sangat baik untuk PIH dapat bekerjasama dengan seluruh fakultas maupun badan untuk bersama membawa Unair di level dunia”, imbuhnya.

Acara yang diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari staf humas maupun pengelola informasi di lingkungan Unair ini memperoleh beberapa materi yang cukup relevan dengan tujuan kegiatan tersebut, antara lain: Pertama, materi tentang Kehumasan dan Pencitraan yang disampaikan oleh Ibu Liestianingsih Dwidayanti, seorang Dosen Komunikasi Unair. Citra itu seperti kaca. Jika citra positif, maka akan menimbulkan persepsi yang positif. Siapa yang mempersepsikan kita? Masyarakat publik, baik internal maupun eksternal. Publik internal seperti mahasiswa, dosen, karyawan, maupun keluarga karyawan. Sedangkan golongan publik eksternal seperti komunitas, media massa, calon mahasiswa, lembaga beasiswa, hingga dewan pengawas pendidikan. Peran humas adalah sebagai penasehat pimpinan, media relations, mengelola informasi, mengelola media sosial, hingga menganalisis kliping. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan baik dengan menggunakan media lisan, cetak, online, dan audio visual.

Kedua, materi tentang Teknik Penulisan Berita pada Website yang disampaikan oleh Bapak Yayan Sakti Suryandaru, yang juga seorang Dosen Komunikasi Unair. Peran humas adalah sebagai etalase dari sebuah institusi yaitu dapat menetralisir dan juru penerang ‘informasi sampah’ dan juga punya hak jawab untuk klarifikasi. Bagaimana mencari bahan berita? Memiliki rasa ingin tahu, gerak lapangan (observasi), banyak membaca, dan banyak berinteraksi. Bagaimana proses pembuatan berita? Gathering, Editing, Distributing, Evaluating. Gunakan bahasa-bahasa yang singkat, padat, sederhana, lugas, menarik, dan jelas. Yang terpenting, harus memiliki nilai berita: aktual, informasi terbaru yang sedang dibicaran banyak orang (booming).

Ketiga, materi tentang Art Photo Jurnalistic yang disampaikan oleh Bapak Guslan Gumilang, seorang alumni Fakultas Hukum Unair yang kini berprofesi sebagai wartawan koran Jawa Pos. Lihatlah trend yang berkembang sekarang, foto yang menarik, baru dibaca beritanya. Sehingga komunikasinya menggunakan media foto. Foto yang ditampilkan harus memiliki nilai, dapat mengungkap suatu fakta yang berhubungan dengan publik. Jangan hanya motret acara ceremonial seperti gunting pita, pukul gong, tandatangan pengesahan saja. Gunakan angle yang tidak monoton (vertical, horizontal, diagonal). Point of interest nya harus jelas. Pada kesempatan yang sama juga dipaparkan mengenai perbedaan hasil pengambilan gambar dengan menggunakan kamera pocket (handphone) maupun kamera Single Lens Reflex (SLR).

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Informasi dan Humas (PIH-Unair) ini diakhiri dengan sesi diskusi beserta kesimpulan yang disampaikan oleh Sekretaris Unair, Bapak Koko Srimulyo. Humas adalah Public Relations-nya Unair, yang juga sebagai tulang punggung Unair untuk pencitraan. “Humas setiap hari wajib buka website, nantinya akan disediakan link fakultas/departemen/lembaga untuk dapat mengakses informasi kegiatan yang akan terselenggara di lingkungan Unair. Sehingga, jika ada tamu yang bertanya, semua garda informasi termasuk satpam mengetahuinya. Humas selain sebagai penjaga website, juga sejogjanya bertugas sebagai penerima telepon”, tutupnya. (nad)

Hits 1050