Apa cita-cita kamu kala kamu masih kecil? Pasti dengan lantang dan tanpa ragu-ragu, kamu akan menjawab dokter, pilot, arsitek, guru dan lain sebagainya. Kamu saat itu langsung terpikirkan untuk menjadi apa yang kamu cita-citakan tersebut tanpa harus memikirkan apa saja halangan atau persyaratan yang harus ditemui. Hal ini sungguh berbeda saat kamu menginjak usia remaja akhir atau beranjak dewasa awal. Saat kembali kamu ditanya hal serupa, banyak diantara kamu yang menghindari jawaban lantang bahkan keraguan makin lama makin mendera. Persoalan dan beban bahkan tanggung jawab menjadikan kamu belum bisa berpikir jernih untuk menyiapkan masa depanmu.

Masa depan yang lebih baik memang membutuhkan ragam proses dan tentunya bukan hasil namun bagaimana kita bisa menerima hasil bahkan mempersiapkannya dengan baik sehingga rasa percaya diri kita timbul. Pada program perbincangan Psikologi Populer atau yang dikenal dengan psikopop ini yang menghadirkan Mas Afif Kurniawan, seorang psikolog kepribadian memberikan satu pelatihan sederhana sehingga sikap dan pikiran positif timbul. Setiap peserta yang hadir diwajibkan membuat 3 kolom. Kolom A berisikan hal-hal negatif, kolom B berisikan dampak yang bisa terjadi akibat apa yang dilakukan di kolom A, sedangkan kolom C apa yang berlawanan dengan kolom A dan tatap saja apa yang ada di kolom C serta hapuskan atau coretlah apa yang ada di kolom A. Peserta yang hadir saat itu kembali ditanya apa yang dirasakan saat hanya melihat kolom C. Perasaan lega dan optimis menaungi semua peserta yang hadir saat itu.

Era digital native yang terjadi sekarang mengakibatkan kecenderungan orang berpikir negatif dibandingkan berpikir positif dan untuk mengembalikan pikiran-pikiran segar kita, ada baiknya kita memiliki waktu beristirahat sejenak dari rutinitas bergadget ria seminggu cukup sekali. Pikiran segar tentu akan kamu peroleh saat waktu tanpa gadget itu kamu luangkan. Interaksi sosial akan berjalan dengan baik bila waktu-waktu kamu tidak kamu habiskan bersama gadget dan tentunya selalu dapat mempersiapkan semua hal penting sehingga nantinya kamu siap menghadapi segala jenis resiko yang terjadi. 

Hits 880