Gila Baca?

14012016Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Kata-kata bijak tersebut sudah tidaklah asing lagi bagi kita. Jika saja semua orang menyadari betapa pentingnya arti membaca, maka beruntungnya mereka. Dengan membaca buku kita bisa menjelajah dunia, bukan hanya ilmu pengetahuan kita saja yang akan bertambah, akan tetapi kecerdasan otak  serta wawasan kita juga akan bertambah seiring dengan banyaknya buku yang sudah kita baca.

Peran keluarga sangatlah penting bagi keberhasilan seorang anak dalam pendidikannya. Hal ini dikarenakan di lingkungan keluarga lah proses pendidikan yang pertama dimulai. Bila pada masa pra sekolah, dari sejak lahir hingga menjelang usia masuk sekolah, anak sudah dipersiapkan dan sudah dibiasakan dengan aktivitas membaca oleh para orang tuanya, maka ketika dia harus menerima pelajaran di sekolah, anak sudah tidak akan canggung lagi.

Aktivitas membaca merupakan sebuah kebiasaan baik yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Bukan hanya fungsi edukatif saja yang akan diperoleh, namun membaca juga bisa menjadi sarana hiburan bagi anak. Dengan membaca, seorang anak bisa mempelajari berbagai hal baru yang tentunya akan memperluas wawasan mereka, menambah pengetahuan,  meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas mereka.

Minat membaca seorang anak akan tumbuh dan berkembang baik apabila lingkungan keluarga juga ikut mendukung. Sebagai orang tua, kita harus pandai dalam membimbing, mengarahkan serta memberi motivasi kepada anak, agar anak bisa menyukai kegiatan membaca buku sejak dini. Karena, untuk menumbuhkan minat baca anak di zaman modern seperti saat ini tidaklah mudah. Para orang tua harus berani bersaing dengan teknologi modern yang tengah berkembang. Namun, sebagai orang tua hendaknya tidak menyerah meskipun banyak teknologi modern yang ramai menawarkan beragam permainan ataupun film. Justru kita harus menjadi orang tua cerdik yang bisa memanfaatkan teknologi modern tersebut sebagai alat bantu dalam meningkatkan minat baca pada anak.

Buku karangan Galuh Wicaksana ini menyajikan kiat-kiat praktis bagi orang tua yang ingin menjadikan anak-anaknya gemar membaca. Apa saja yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam masa tumbuh kembang anak. Dimulai sejak bayi berada dalam kandungan sampai dia lahir hingga pada usia sekolah. Dalam buku ini juga mengajarkan tips-tips bagaimana memilih bahan bacaan yang disukai anak, jenis-jenis permainan kreatif yang bisa merangsang anak agar gemar membaca sehingga anak tidak mudah bosan dan tidak merasa bahwa membaca merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan serta masih banyak yang lainnya.

Buku ini dikemas dengan bahasa yang lugas serta mudah dipahami sehingga layak dibaca untuk semua kalangan, terutama bagi para orang tua maupun calon orang tua yang menginginkan agar anak-anaknya kelak menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berwawasan luas serta cinta akan budaya baca. Menjadi orang tua sudah selayaknya bisa menjadi tauladan bagi anak, mari kita sebagai orang tua maupun calon orang tua, jadilah orang tua yang cerdas dengan menjadikan anak-anak serta lingkungan di sekitar kita menjadi generasi yang gemar baca.

Identitas Buku

Judul  Buku     : Buat Anakmu Gila Baca ! Kiat-kiat Praktis Menanamkan Kegemaran dan   Kebiasaan Membaca Kepada Anak Sejak Dini

Penulis            : Galuh Wicaksana

Penerbit          : Buku Biru

Tebal Buku      : 145 halaman

Tahun terbit     : 2011

ISBN               : 978-602-978-734-4

Hits 1680