Hidup yang luar biasa

20012016Perempuan selalu dianggap sebagai makhluk yang lemah. Mereka selalu dianggap tidak memiliki kemampuan dan kekuatan sebagaimana halnya laki-laki. Terlebih ketika sosok perempuan tersebut harus hidup sendiri. Banyak cibiran serta cemoohan dari orang-orang disekelilingnya, yang menganggap bahwa mereka tidak akan mampu, tidak bisa mandiri, serta hidupnya akan banyak bergantung dan menyusahkan orang lain. Pada hakekatnya manusia mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah SWT. Tidak ada yang membedakan keduanya, kecuali amal ibadah serta ketaatan mereka kepada Sang Mahabesar dan Sang Mahahebat.

Buku ini menceritakan kisah-kisah pribadi perjalanan hidup spiritual Masriyah Amva, seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya dan harus bertanggung jawab terhadap masa depan kedua anaknya serta pesantrennya. Dalam buku ini diceritakan betapa kuat, betapa mandiri serta betapa tegarnya sosok perempuan bermartabat Hj. Masriyah Amva, yang mampu menghadapi berbagai macam rintangan serta cobaan berat dalam hidupnya. Sumber kekuatan terbesar yang beliau dapatkan tak lain adalah karena keyakinannya yang teramat dalam terhadap Allah Sang Mahapencipta.

Melalui buku ini Masriyah ingin menyampaikan kepada masyarakat, terutama para pembaca bahwa dengan kepercayaan, keyakinan, serta ketaatan yang sungguh-sungguh terhadap Allah SWT akan membawa kita kepada kehidupan yang luar biasa indah. Allah SWT akan memberikan segala pertolongan-pertolonganNya, serta anugerahNya kepada setiap umatnya di saat yang tidak terduga.  Dengan kekuasaanNya, segala permasalahan yang kita hadapi dapat dengan mudah terselesaikan, dan dengan keyakinan serta kepercayaan yang kita miliki tersebut akan mampu mengantarkan kita kepada sesuatu yang sangat kita impikan, bahkan yang kita anggap sangat mustahil sekalipun.

Banyak sekali kisah menarik yang diceritakan dalam buku ini. Diantaranya tentang kesendirian  yang justru menumbuhkan kemandirian, tentang tekad dan keikhlasan kepada Sang Kekasih, tentang kesadaran diri sebagai makhlukNya yang lemah, tentang Baitullah yang penuh dengan mukjizat dan anugerah, serta masih banyak yang lainnya. Salah satu kisah yang sangat inspiratif dalam buku ini yaitu kisah Ibunda dari Hj. Masriyah Amva. Sang Ibunda adalah sosok wanita yang sangat sederhana, meskipun sebenarnya beliau bisa hidup dalam kemewahan, namun beliau tetap memilih untuk hidup dalam kesahajaan, kesederhanaan dan hidup apa adanya. Nasehat yang selalu beliau sampaikan kepada Masriyah adalah “hidup itu harus mempunyai tujuan, harus punya arah”. Semua kesenangan itu sifatnya hanya sementara saja. Semasa hidupnya Ibunda Masriyah selalu menyisihkan sedikit demi sedikit uangnya untuk membeli tanah semeter demi semeter. Tanah-tanah tersebut kelak ingin dijadikan lahan-lahan pendidikan, rumah-rumah ibadah atau apa saja yang berguna untuk kepentingan umum. “ibu ingin keringat ibu abadi. Ibu ingin jerih payah ini tetap mengalir hingga ibu tiada”. Dan pada akhirnya keinginan Ibunda Masriyah semasa hidupnya telah tercapai. Diatas lahan-lahan tersebut kini telah terbangun pesantren, masjid serta sarana prasarana lainnya.

Kisah-kisah yang dituangkan dalam buku ini banyak mengandung pelajaran hidup yang sangat berharga. Betapa kita disuguhkan dengan pengalaman kereligiusan seseorang ditengah berbagai macam cobaan berat yang dia hadapi. Betapa dia sungguh percaya akan pertolonganNya jika dia berdoa dengan sungguh-sungguh. Dengan keikhlasan dan tekad yang kuat seraya berserah kepada Allah SWT semua masalah dan cobaan berat yang dihadapi satu-persatu bisa terselesaikan dengan indah. Buku karangan Masriyah Amva ini dikemas dengan bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami dan layak dibaca untuk semua kalangan. Buku ini akan memberikan motivasi serta pencerahan bagi setiap pembacanya. Sungguh dahsyatnya kekuatan doa dan iman. 

Identitas Buku

Judul Buku    : Meraih Hidup Luar Biasa : Melalui Kekuatan Doa dan Iman

Penulis          : Masriyah Amva

Penerbit        : KOMPAS

Tebal Buku    : xxii + 210 halaman

Tahun terbit  : 2011

ISBN            : 978-979-709-583-3

Hits 1522