Didik Nini Towok : Menari Sampai Lahir Kembali

Lho,kok ada banci masuk sini !

seru artis tersebut ketus,tanpa bermaksud untuk bercanda …

Didik tersentak.

Namun ia tak berteriak .

Hanya jantungnya keras berdetak.

Ah mestinya biarkan saja Didik tertawa tarian dan dandan perempuan

Kutipan diatas diambil dari salah satu halaman buku berjudul Didik Nini Towok : Menari sampai lahir kembali. Anda pasti kenal Didik Nini Towok sang maestro Seni Tari dengan gaya lenggak lenggoknya di panggung, luwes bak seorang perempuan yang turun dari kayangan apalagi di bumbui comedy dance yang tak terduga membuat penonton luwes tertawa.

Sebagai seorang awam dalam bidang seni tari, saya juga sering bingung melihat Didik. Contoh karyanya Ia seperti terdiam dalam gerak dan seperti bergerak dalam diam. Belum lagi, ia juga punya “muka” lebih dari satu ketika menari, kadang dua, kadang lima, pernah juga malah cuma setengah atau separo. Setelah saya baca disalah satu halaman, sebenarnya apa makna yang tersirat dalam tarian Dwimuka yang ditampilkan oleh Didik? Dengan fasih ia menjelaskan bahwa tarian dwimuka menggambarkan dua karakter yang berbeda dalam diri manusia yakni baik dan buruk secara subyektif. Ini disimbolkan dengan dua wajah penarinya. Wajah belakang yang menggunakan topeng putih menyorotkan kesabaran, keceriaan dan kegembiraan hati atau bisa dikatakan manusia yg berkarakter baik. Sedangkan wajah depan adalah wajah Didik asli yang tampak dihias seram, dengan bibir peot dan sepasang gigi terhunus. Bisa dibilang itu mewakili karakter buruk.

Kesimpulan umum dalam buku ini, melalui tari seseorang dapat mengungkapkan perasaan, emosi dan gagasan pikiran yang dituangkan melalui gerak sehingga ekspresi hati yang disampaikan kepada penonton mempunyai gambaran makna dan terbentuklah karya seni tari yang indah.

Jadi... Nunggu apa lagi?? Baca buku ini dan referensikan hidupmu dengan seni!

 

Identitas Buku

Judul               : Didik Nini Towok : Menari Sampai Lahir Kembali

Pengarang        : Herry Gendut Janarta

Penerbit           : Sava Media

Tahun Terbit      : 2005

Tebal                : 218 halaman

No. Klass.         : 792.802 809 2 Jan d 1

Ukuran              : 21 cm

Lokasi               : KKB R

Hits 3420