Bagi anda pelajar dan mahasiswa Indonesia, mungkin sudah tak asing lagi dengan beasiswa satu ini. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini merupakan beasiswa yang dikelola oleh 3 Kementrian Indonesia, yakni Kementrian Pendidikan, Kementrian Keuangan, dan Kementrian Agama. Beasiswa ini menyediakan 5 jenis program yang ditawarkan buat para pemburu beasiswa seperti beasiswa afirmasi (untuk yang tinggal di kawasan Indonesia tertinggal, terdepan, dan terluar), beasiswa magister dan doktor (dalam dan luar negeri), beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa spesialis kedokteran, dan beasiswa presiden. Akses juga situsnya http://www.lpdp.depkeu.go.id/

Di Kampus Unair, program sosialisasi beasiswa LPDP yang di program selama 5 (lima) bulan oleh para Awardee (penerima beasiswa), dilaksanakan secara rutin tiap minggu-nya (setiap hari Rabu) bertempat di Flashlounge ini menyampaikan materi yang berbeda-beda di setiap pertemuan. Mulai dari langkah persiapan Toefl ELPT, tips dan trik untuk mendapatkan LOA di luar negeri, informasi beasiswa magister dan doctor, penjelasan tentang beasiswa afirmasi, hingga simulasi-simulasi tentang wawancara dan writing on the spot. Materi-materi tersebut menjadi sangat penting untuk diketahui dan dipersiapkan sedini mungkin untuk para calon awardee.

Minggu ini, Rabu (6/4) sejumlah 3 (tiga) orang penerima beasiswa afirmasi, membagikan pengalaman dan ilmunya, menjelaskan secara detail apa itu beasiswa afirmasi dan bagaimana persyaratannya, beserta tips untuk mendapatkannya. Beasiswa afirmasi diberikan secara khusus dengan sasaran 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dengan pengertian: kelompok masyarakat di daerah perbatasan daerah tertinggal, alumni penerima beasiswa bidik misi (masyarakat berprestasi dari keluarga miskin dengan IPK minimal 3,50 , dan kelompok masyarakat yang berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olah raga, seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam proses mendaftar, terdapat persyaratan umum yang harus dipenuhi seperti : telah menyelesaikan studi sarjana/magister dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, perguruan tinggi luar negeri yang terdaftar pada Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. Bagi yang sedang bekerja, harus telah mendapatkan izin dari atasan. Pelamar dalam negeri harus memiliki surat sehat dan bebas narkoba, sedangkan pelamar luar negeri surat sehat, bebas narkoba, dan surat bebas TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari rumah sakit pemerintah. Memilih bidang ilmu dan program studi; menuliskan essay (500-700 kata) dengan tema “Kontribusiku Bagi Indonesia: Kontribusi yang telah, sedang, dan akan saya lakukan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya” dan juga “Sukses terbesar dalam Hidupku”. Selain itu, juga harus bersedia membuat dan mengirimkan laporan perkembangan studi tiap semesternya.

Berikut informasi proses seleksi beasiswa LPDP: (1) Mendaftar melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id , pendaftaran dibuka sepanjang tahun 4 kali; (2) Seleksi administrasi; (3) Seleksi wawancara, LGD, on the spot writing (tema ditentukan saat proses wawancara); (4) Penetapan penerima beasiswa; (5) Lolos (diundang untuk mengikuti PK). Seluruh proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.

Bagi anda yang berminat untuk mendaftar, berikut tips yang dibagikan para awardee: (1) pahami dan lengkapi syarat administrasi; (2) intens membuka e-mail; (3) persiapkan wawancara dengan matang; (4) pilih universitas dan jurusan terbaik yang kamu suka; dan (5) siapkan tenaga ekstra untuk mengikuti program pengayaan.

Selamat mencoba, maksimalkan, dan semoga sukses! (nad)

Hits 1283