240420163Hari Bumi, diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 22 April dan untuk merayakannya, banyak program diluncurkan oleh berbagai komunitas, perorangan bahkan institusi, semua semarak dengan satu tujuan untuk menyelamatkan bumi. Aksi untuk bumi ini juga dilakukan oleh rekan-rekan yang berada di American Corner UNAIR. Bila tahun lalu, mereka membuat aksi berbagi tas kain kepada pengunjung di Perpustakaan UNAIR untuk menggantikan tas plastik setiap kali mereka belanja dimanapun, di tahun 2016 ini, mereka membuat aksi yang lebih semarak dan mengajak kaum muda seluruh Indonesia untuk berkontribusi menjadi wirausahawan yang bergerak di bidang lingkungan dengan menyelenggarakan sebuah kompetisi yang bertajuk Youth Ecopreneurship Challenge atau disingkat dengan #YEC.

Kompetisi ini cukup menarik selain nanti akan mendapatkan uang tunai sejumlah 1.000.000 rupiah untuk action plan terbaik, para peserta juga diajak di beberapa forum sehingga mereka pun siap menjadi wirausahawan muda. Beberapa forum ini akan dibuat berbeda dan diselenggarakan di akhir bulan April ini, tepatnya 29 dan 30 dengan tempat yang berbeda pula. Dimulai dari program talkshow dari beberapa komunitas yang sudah lama bergerak di bidang lingkungan bahkan mereka juga telah menjadi sebuah usaha. Nol Sampah, Bank Sampah Mandiri dan Pelangi Nusantara akan memberikan semua pengetahuan yang mereka miliki dan berdiskusi langsung dengan peserta di hari Jumat 29 April 2016.

Keesokkan harinya, Sabtu 30 April 2016, peserta YEC akan diajak workshop di kampung green and clean Jambangan Surabaya yang telah cukup dikenal. Para peserta akan diajak dan dilatih oleh penggerak lingkungan Jambangan bagaimana mengelola sampah, memproduksi beberapa desain atau produk daur ulang, penanaman tanaman pada lahan yang terbatas serta pemanfaatan lahan untuk peternakan. Setelah memperoleh banyak pelatihan saatnya para peserta pun harus mempertanggungjawabkan dan mempresentasikan program yang telah dikirimkan.

Peserta YEC pada tahun ini merupakan pemuda berusia 18-25 tahun, telah memenuhi beberapa ketentuan yang ditetapkan panitia sebelumnya. Tahap seleksi awal ini ada sekitar 27 kelompok yang terdiri dari 3-5 orang anggota, namun hanya 24 kelompok yang mengirimkan Action Plan dan 1 kelompok terdiskualifikasi karena tidak memenuhi ketentuan. Mereka berasal dari dalam dan luar kota Surabaya, diantaranya dari Yogyakarta, Pasuruan, Malang, Lamongan dan Jember. Tim seleksi yang diketuai oleh R. Dicky Johar Pribadi, seorang YSEALI Alumni harus memilih 8 – 12 kelompok yang layak untuk mengikuti forum YEC dan diumumkan pada tanggal 24 April 2016.

Berikut kelompok pilihan Tim Seleksi YEC :

1. Laskar Diaper (Popok sebagai media tanam)

2. Gubug Organik (Tanaman Organik)

3. Gendis (Kotak Susu disulap menjadi batik)

4. Basic (Limbah cangkang kerang)

5. SS (Sayur Organik)

6. Pesangon (Pemulung Online)

7. JYSM (Pakaian bekas menjadi produk berharga)

8. Adacis (Pemanfaatan ikan mati)

9. Zing Creative (Botol Plastik dengan tanaman)

10. Malang Youth Greenation (Urban Farming)

11. Aqsyar (Penjualan produk pengganti tas plastik)

12. Umaga (Botol Plastik dengan tanaman)

Atas nama panitia Youth Ecopreneurship Challenge 2016, kami mengucapkan selamat atas terpilihnya tim Anda sebagai peserta. Peserta terpilih wajib mengkonfirmasi ulang kesediaan untuk mengikuti Youth Ecopreneurship Challenge 2016 di Surabaya pada tanggal 29 s.d. 30 April 2016.

Adapun format konfirmasi ulang sebagai berikut:

Subject email: KonfirmasiYEC_Nama Tim

Body email: Pernyataan bahwa Tim saya yang berjumlah (n) orang bersedia untuk mengikuti YEC 2016 secara penuh pada tanggal 29 s.d. 30 April 2016.

Biaya yang ditanggung oleh panitia :

-Konsumsi sesuai dengan jadwal acara kegiatan,

-Kaos, ID Card, notebook, goodie bag, sertifikat,

-Kunjungan ke Kampung Green & Clean Surabaya,

-Transportasi selama field trip dengan meeting point di Perpustakaan Kampus B

Universitas Airlangga Surabaya,

Biaya yang tidak ditanggung panitia :

-Akomodasi dan penginapan selama di Surabaya,

-Konsumsi diluar jadwal acara kegiatan,

-Transportasi dari rumah ke bandara, stasiun dan terminal serta sebaliknya,

-Kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan pribadi, dll.

Konfirmasi ulang kami tunggu paling lambat tanggal 26 April 2016 pukul 12.00 WIB. Jika tidak ada konfirmasi sampai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan tersebut, maka tim Anda dinyatakan mengundurkan diri dan akan digantikan oleh waiting list.

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami sampaikan terima kasih.

Selamat dan sampai bertemu di Surabaya! 

Salam,

Panitia YEC.

Hits 1649