Hari Gini Masih Ngerokok…Apa Kata Dunia?!

250420162Masih ingat dengan Fuad Baradja? Pembaca yang tumbuh sekitar tahun 2000-an pasti familiar dengan salah satu artis pemeran dalam sinetron Jin dan Jun tersebut. Setelah keluar dari dunia pertelevisian, ternyata Fuad masih sibuk dengan kegiatan yang lain, dia menjadi aktivis sosial bidang pengendalian dampak tembakau. Awal mula Fuad tertarik dengan dunia rokok adalah ketika dia membaca sebuah artikel di harian nasional yang memuat berita tentang dana cukai yang diterima pemerintah, yakni sebesar 3,5T pada faktanya tidak sebanding dengan biaya kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk pasien akibat dampak rokok. Dia terusik dengan berita tersebut sampai menelusuri sumbernya dan akhirnya mempertemukan dia dengan Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM-3). Dari perkenalannya tersebut Fuad banyak belajar tentang dampak tembakau, hingga dia diangkat menjadi ketua bidang penyuluhan dan pendidikan di LM-3.

Kumpulan kisah nyata dan pengalaman empiris teman maupun orang yg ditemui Fuad saat memberikan penyuluhan dikumpulkan dan dibagikan dalam status di media social. Agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi masalah merokok maka disusunlah buku ini dengan mengumpulkan kembali status yang pernah dia tulis dan ditambahi dengan pembahasan yang lebih dalam.

Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami buku ini patut dibaca oleh semua orang agar fakta tentang bahaya rokok dapat diketahui, dan setidaknya akan mampu membuat orang berpikir dua kali untuk merokok. Bahkan dibagian akhir buku ini terdapat tulisan ringkas mengenai terapi untuk berhenti merokok.

Satu lagi hal menarik yang ada didalam buku ini, yaitu terdapat kumpulan puisi yang dibuat khusus oleh sastrawan legendaris Taufiq Ismail. Puisi yang berisi tentang pemasalahan rokok yang ada di Indonesia, yang konon disebut sebagai sebuah negara dengan penanggulangan masalah rokok terburuk di dunia.

Yang pasti hadirnya buku ini bukan untuk mendiskreditkan perokok, tetapi berupaya untuk memberi pemahaman yang benar kepada semua pihak, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Buku ini berada di koleksi khusus 1 Perpustakaan Kampus B UNAIR dengan nomor klasifikasi 362.296 Bar h. Selamat membaca.

Hits 2016