Jangan Takut Makan Enak

11052016Buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS  yang lahir di Singaraja, Bali, 2 Februari 1962. Beliau memperoleh gelar Doktor (Ph.D) dalam bidang  Food Chemistry and Nutrition dari Tokyo University of Agriculture, Jepang. Sejak tanggal 1 Mei 2001, beliau ditetapkan sebagai Guru Besar dalam bidang Pangan, Gizi dan Kesehatan di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan di IPB.  Sekarang, beliau aktif menjadi konsultan dan penulis sesuai dengan bidangnya.

Jeroan, Makanan atau Sampah ? salah satu topik menarik dalam buku ini karena banyak orang yang menganggap bahwa jeroan merupakan makanan yang berbahaya bagi kesehatan karena kandungan purinnya yang sangat tinggi. Salah satu penyebab penyakit asam urat adalah makanan yang mengandung tinggi purin. Namun, salah satu strategi untuk menyiasatinya adalah mengonsumsi jeroan bersama sayuran atau buah-buahan. Serat pangan pada sayuran dan buah sudah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Buku ini memberikan informasi bagi penikmat makanan enak agar tidak khawatir dengan dampak yang terjadi pada kesehatan tubuh sehingga dapat mengonsumsinya dengan rasa aman. Beliau juga menjelaskan secara detail bagaimana cara mengolah masakan jeroan seperti hati, agar aman untuk dikonsumsi dengan cara dicuci berulang kali hingga bersih dan direbus sampai matang dan barulah diolah. Ini penting untuk mengurangi kemungkinan bahaya, karena hati merupakan tempat untuk menetralkan racun di dalam sistem pencernaan tubuh. Tidak lupa beliau juga memberikan informasi tentang kandungan gizi yang terdapat dalam “makanan enak”.

Melalui buku ini, pakar ilmu gizi Prof. Made Astawan menguraikan dengan bahasa lugas, cerita yang mengalir dan tidak terkesan menggurui pembaca. Beliau menjelaskan baik buruknya jenis-jenis makanan yang biasa kita santap sehari-hari dengan sangat detail. Ia pun memberi panduan bagaimana cara agar lebih bijak memilih panganan. Buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Itulah yang menyebabkan buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita. Menurutnya, mewaspadai makanan itu perlu, tapi jangan sampai takut makan enak! Siapa yang takut makan enak? Silakan baca buku ini segera. Temukan buku ini di Koleksi Khusus Perpustakaan UNAIR Kampus C dengan nomor 613.081 2 Ast j.

Hits 1940