Follow Your Passion

13052016Buku ini menceritakan pengalaman pribadi si Penulis, Muadzin F. Jihad. Seseorang yang mempunyai keberanian diri mengambil sebuah keputusan dalam hidupnya. Memenuhi panggilan hati meraih impian yang dia angankan sejak lama, menjadi seorang pengusaha. Buku ‘Follow Your Passion’ ini merupakan buku pertama yang ditulisnya setelah mengikuti sebuah acara yang bertema Write Your Book in 30 Days di Depok. Pada saat itu dia termasuk salah satu orang yang mengiyakan tantangan yang diberikan oleh pembicara acara tersebut, Ollie Salsabeela.

Memiliki latar belakang bukan seorang penulis, Muadzin mengalami kesulitan dalam memulai tulisannya. Hingga pada suatu hari dia melihat sebuah film berjudul 3 Idiots. Dari situlah dia mendapatkan sebuah ide untuk memulai tulisannya. Pesan yang dia ambil dalam film tersebut adalah, “hiduplah dalam passion, maka hidupmu akan bahagia. Hidupmu akan berarti bagi orang lain dan bagi semesta.”

Muadzin lahir dari keluarga yang ‘berkecukupan’. Dia merupakan anak keempat dari enam bersaudara. Ayahnya seorang pekerja keras, dan Ibunya adalah ibu rumah tangga biasa. Dengan latar belakang itulah Muadzin tumbuh sebagai seorang yang pemalu, pendiam, introvert, dan minder. Namun, dia bersyukur karena dibesarkan dalam keluarga yang ‘berkecukupan’. Hal ini membuat dia bisa belajar berhemat, belajar bekerja keras, dan mensyukuri sekecil apapun rezeki yang dia punya. Pelajaran yang selalu ditanamkan oleh orang tuanya selama ini adalah “harga diri seseorang tidak dilihat dari berapa banyak harta yang dimiliki, tetapi dilihat dari kepribadian dan karakter dirinya.”

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, karena didalamnya sarat akan motivasi, kerja keras, tanggung jawab dan sifat pantang menyerah yang ditunjukkan oleh Muadzin, seorang karyawan swasta yang berani mengundurkan diri dari pekerjaannya demi mewujudkan cita-citanya menjadi seorang pengusaha. Berbagai macam usaha telah dia ‘lakoni’, mulai dari menjual sepatu, gula, rempeyek, sembako, menjadi fotografer, hingga bisnis laundry dan berjualan bakso sudah pernah dilakoninya. Namun semua usaha tersebut tidak berjalan dengan lancar, kecuali usaha bisnis laundry, yang saat ini dikelola oleh ibu mertuanya.

Bagian menarik dalam buku ini adalah terdapat kutipan kalimat-kalimat motivasi, mulai dari tokoh-tokoh terkenal, film, hingga kutipan dari ayat Al-Qur’an. Seperti salah satu kutipan menarik berikut ini, “Siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah menyambung tali silaturahim” (Muttafaq’alaih). Karena dari menyambung tali silaturahim itulah akhirnya Muadzin bertemu dengan teman lamanya semasa  SMP, hingga kemudian keduanya bekerjasama membuka waralaba minuman siap saji, yaitu kopi. Sampai saat ini usaha mereka berdua berhasil memiliki 430 outlet yang tersebar di 80 kota di seluruh Indonesia.

Buku ini bisa kalian nikmati di ruang koleksi khusus I Perpustakaan Pusat Unair Kampus B lantai 2 dengan nomor 150.198 Jih f, semoga kalian yang membaca buku ini bisa segera tertular kesuksesannya, aamiin. Selamat membaca…

Hits 1819