18052016 6447Serangkaian acara diadakan untuk memperingati hari jadi Perpustakaan Universitas Airlangga yang ke 61. Salah satu diantaranya adalah acara seminar dengan tema “personal branding for librarian”, yang diadakan tepat pada hari Selasa, 10 Mei 2016. Peserta seminar datang dari beberapa perpustakaan baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum acara seminar dimulai, pertama-tama dilakukan sambutan dan pembukaan acara seminar oleh Kepala Perpustakaan Universitas Airlangga, Prof. Dr. I Made Narsa, SE., M.Si, Ak. CA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa setiap pribadi pustakawan harus mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri dalam memberikan layanan pada pemustaka. Beliau mencontohkan salah satu staf perpustakaan Unair, yang baru saja pensiun yaitu Pak Teguh Diono. Di kalangan pemustaka perpustakaan Unair, pak Teguh sangat dicintai dan tergolong dekat dengan mahasiswa. Pak teguh yang lama bertugas di bagian layanan peminjaman tas seringkali menyapa dan mendendangkan lagu pada setiap mahasiswa yang masuk, baik yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Terlihat sepele, namun kesan yang baik dari diri pak Teguh melekat pada hati setiap mahasiswa yang datang ke perpustakaan.

Setelah sambutan dan pembukaan oleh kepala perpustakaan, pemaparan materi oleh keynote speaker yaitu Drs. Suko Widodo, M.Si selaku Ketua Pusat Informasi dan Humas yang kedatanganya mewakili Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., Mt., Ak., CMA. Selanjutnya dengan dimoderatori oleh salah satu pustakawan Unair yaitu Dewi Puspitasari, SH. M.Sc. paparan dari narasumber yaitu  Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si (psikolog dan dosen Fakultas Psikologi Unair) tentang Etika dan kepribadian Pustakawan dan Drs.Koko Srimulyo, M.Si (Sekretaris Unair dan Dosen Program studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Unair) tentang Manajemen Karir Pustakawan dilakukan dalam satu panel, dikarenakan padatnya jadwal para pembicara.

Yang disayangkan adalah ketidakhadiran Sarah Ziebell (Information Resource Officer at U.S Embassy) yang sedang sakit di Kuala Lumpur.  Pembicara terakhir adalah Agung Budi Kristiawan, S.Sos, S.A (Pustakawan Unair) memberikan materi mengenai personal branding serta berbagi kisah bagaimana sejarah dirinya yang bekerja di perpustakaan dengan tugas menjaga pintu masuk hingga sekarang menjadi pengelola program American Corner serta beberapa kali berkesempatan untuk keluar negeri hingga ke Austria. Menurut Agung, rahasianya dalam bekerja adalah mencintai apapun pekerjaannya dan senantiasa membangun jaringan dengan siapapun. 

Hits 1618