Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Semua orang dituntut untuk memiliki daya baca yang tinggi. Hal tersebut bukanlah tuntutan yang berlebihan, mengingat jumlah buku, serial, dan media cetak lain semakin meningkat sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Sehingga, semua orang dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan membacanya. Membaca bukanlah sekedar kemampuan mengenal kata dan kalimat lho, ada teori khusus yang sejak lama dikembangkan oleh para ahli untuk meningkatkan daya baca. Intinya, kemampuan membaca itu (dapat) ditingkatkan!

Secara khusus buku ini dihadirkan oleh Nurhadi (2016), sang penulis, sebagai bahan ajar bagi siapapun yang berminat meningkatkan kemampuan bacanya yang menyajikan teori tentang membaca, panduan praktis tentang membaca tahap demi tahap, strategi peningkatan kemampuan membaca, hingga bagaimana cara membaca beragam teks. Buku ini dirasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecermatan dan kecepatan membaca Anda.

Adapun tujuan praktis yang ingin dicapai adalah : (1) Memberikan gambaran tentang pentingnya membaca dan perannya terhadap kehidupan manusia modern. (2) Menjelaskan dan melatih cara meningkatkan kemampuan memahami bacaan. (3) Menjelaskan dan melatih cara meningkatkan kecepatan membaca. (4) Melatih cara membaca teks non fiksi. (5) Melatih cara membaca teks fiksi.

Keempat bab dalam buku ini beserta urutan yang ada, telah mencerminkan urutan materi atau tahap-tahap dalam membaca. Masing-masing bab merupakan landasan bagi penguasaan bab selanjutnya. Sehingga pembaca diharapkan menelaah masing-masing bab menurut urutan seperti yang disajikan dalam buku ini. Materi yang disajikan pun telah dilengkapi dengan contoh. Dimulai dari Bab I Bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca; Bab II Menemukan gagasan dalam bacaan; Bab III Pentingnya meningkatkan kecepatan membaca; Bab IV Strategi mengembangkan kecepatan membaca.           

Isi buku ini disusun dengan urutan prosedural. Artinya, antara bab yang satu dan bab berikutnya saling berhubungan dan saling mensyaratkan. Sehingga, untuk memahami uraian dalam satu bab, pembaca disarankan untuk benar-benar memahami bab sebelumnya.

Buku ini berada di Koleksi Khusus 1 Perpustakaan Kampus B UNAIR dengan nomor klasifikasi 028.9 Nur s. Selamat membaca.

Hits 5916