23052016Dalam rangka memperingati ulang tahun Perpustakaan UniversitasAirlangga ke 61. Panitia HUT mengadakan acara Workshop “Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi” bagi pustakawan perpustakaan sekolah di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Acara ini diadakan bertepatan dengan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei 2016. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari perpustakaan Universitas Airlangga untuk kemajuan dan pengembanganperpustakaan sekolah.

Sebelum acara workshop dimulai, pertama-tama dilakukan sambutan dan pembukaan acara seminar oleh Kepala Perpustakaan Universitas Airlangga, Prof. Dr. I Made Narsa, SE.,M.Si, Ak. CA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan perpustakaan sekolah sudah saatnya berubah dari sistem konvensional ke digital. Perubahan itu tidak hanya dari sisi manajemen perpustakaan dan teknologi saja akan tetapi dari segi kinerja pustakawan.

Setelah sambutan dan pembukaan oleh kepala perpustakaan, pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ibu Novita Dwi Anawati, M.Sc. Beliau bekerja sebagai pustakawan perpustakaan Universitas Airlangga, memberikan materi tentang “Manajemen Perpustakaan Sekolah”. Materi yang disampaikan sangat menarik dan menjelaskan bagaimana memanajemen sebuah perpustakaan sekolah yang baik untuk penggunanya.

Pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Nurma Harumiaty, S.Kom tentang “Penerapan TI di Perpustakaan Sekolah”. Penerapan IT dalam pengembangan perpustakaan sekolah sangat penting dikarenakan perkembangan dunia teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap keberadaan perpustakaan jika masih menganut era konvensional dan sudah saatnya beralih ke digital. Seharusnya sekolah dapat memadai dalam hal pengadaan peralatan IT untuk perkembangan perpustakaan sekolah.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Mohammad Rotmianto, A.Md., S.Kom. beliau adalah pustakawan sekaligus creator E-DDC. Beliau kali ini berkesempatan memberikan materi tentang e-DDC kepada peserta dan bagaimana cara mengaplikasikan software tersebut dan cara menggunakannya. Peserta sangat antusias ketika pemateri memberikan kuis tentang menentukan nomor klasifikasi pada judul buku yang telah ditentukan.

Hits 1815