SOSIALISASI REPOSITORY EPRINTS

Ditulis oleh: Nurma Harumiaty
Rabu, 8 Juni 2016

Perpustakaan Universitas Airlangga pada hari Jum'at (3/06/2016) mengadakan acara "Sosialisasi Repository Eprints" di Ruang Parlinah Lt.3 Perpustakaan Unair Kampus B. Peserta acara ini terdiri dari staf USI (Unit Sistem Informasi) serta staf Ruang Baca Fakultas di Lingkungan Universitas Airlangga. Sebagai narasumber acara Ika Rudianto, M.Si (Koordinator TI Perpustakaan Unair) dan Nurma Harumiaty, S.Kom memberikan pengarahan tentang adanya repository baru serta memberikan pelatihan bagi peserta untuk mengetahui langkah-langkah dalam proses upload repository. 

Repository merupakan kegiatan menghimpun dan melestarikan koleksi karya intelektual di Universitas Airlangga dalam bentuk digital, yang terdiri dari TA/ PKL/ Skripsi/ Tesis/ Disertasi/ Laporan penelitian, dll. yang pada saat ini hanya dilakukan oleh staf perpustakaan. Untuk itu kedepannya akan dibantu oleh Staf USI serta Staf Ruang Baca dengan tujuan agar upload karya ilmiah milik staf pengajar dan peneliti Universitas Airlangga dapat segera masuk juga di website repository. Selain itu upload repository milik staf pengajar untuk memenuhi kebutuhan kenaikan pangkat sebab RISTEKDIKTI mewajibkan karya ilmiah harus dapat diakses secara online di website repository milik universitas.

Pada awalnya Repository Unair menggunakan software GDL (Ganesha Digital Library) yang beralamat http://adln.lib.unair.ac.id dan diberi nama ADLN (Airlangga Digital Library network). Dalam perjalanannya ADLN membutuhkan banyak perbaikan dalam kinerjanya, untuk itu dipilih Eprints yang merupakan salah satu software repository terbaik pada saat ini. Alamat repository baru dapat diakses di http://repository.unair.ac.id. Pada saat ini proses migrasi dari database lama ke database baru masih dalam proses penyelesaian oleh staf Perpustakaan Unair.

 

Hits 1388