Loker yang terotomasi

28062016Sebelum memasuki Perpustakaan UNAIR ada satu hal yang wajib kamu lakukan yakni menitipkan semua barang bawaan ke kotak penyimpanan barang atau biasa disebut loker. Di masing-masing kampus, perpustakaan sudah menyediakan loker dengan skala yang cukup untuk menampung jumlah pengunjung. Kotak penyimpanan ini menampung beberapa item yang tidak diperbolehkan untuk memasuki perpustakaan, diantaranya jaket dan tas, sedangkan buku , laptop atau barang berharga lainnya, bisa dibawa masuk.

Disaat kamu ingin menggunakan loker, sebelum otomasi diberlakukan, kamu wajib menyerahkan identitasmu, untuk semua pelanggan baik UNAIR ataupun NON UNAIR. Identitas ini berupa KTP atau SIM. Proses untuk peminjamanpun begitu mudah namun untuk pengembalian terkadang ada kesalahan diantaranya tertukarnya kartu identitas karena kedua belah pihak tidak mengontrolnya terlebih dulu. Selain kasus diatas, pelanggan kerap kali juga memanfaatkan loker untuk kebutuhannya di luar perpustakaan padahal hal ini sangat tidak diperbolehkan. Hasilnya, tingkat keterpakaian loker yang harusnya sehari dan bisa bergantian, menjadi penuh. Guna mengatasi dan meminimalisasi berbagai persoalan di atas, Tim TI mengembangkan inovasi yakni pemberlakukan sistem penyewaan loker dengan memanfaatkan teknologi.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan sistem otomasi ini diantaranya :

1. Pelanggan dari UNAIR hanya cukup menyodorkan KTM yang masih berlaku tanpa disimpan oleh petugas.

2. Pelanggan NON UNAIR menyerahkan KTP/SIM dan disimpan oleh petugas.

3. Barcode KTM dibacakan ke sistem

4. Petugas memasukkan barcode kunci loker dan menyerahkan ke pelanggan.

5. Pelanggan sudah otomatis terdata menyewa.

Bila pelanggan dalam menyewa loker tidak mengembalikan kunci, tentu keanggotaanya akan diblokir dan tidak bisa memanfaatkan seluruh fasilitas perpustakaan. 

Hits 2307