Simulasi K3

IMG 9385 1Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah faktor penting untuk kenyamanan para pekerja sehingga target atau tujuan dari sebuah lembaga dapat tercapai dengan baik. Seiring dengan perkembangan jaman yang terus berubah maka ritme kerja pun turut berubah. Komputer dan listrik adalah bagian yang tak terpisahkan dari sendi kehidupan pekerjanya dan inilah yang memicu datangnya bencana salah satu diantaranya adalah kebakaran. Perpustakaan adalah unit universitas dimana jumlah komputer berjumlah cukup banyak bahkan konsumsi daya listrik pun cukup besar. Selain itu sarana penunjang internet, server yang membutuhkan kebutuhan listrik 24 jam mengakibatkan kesiagaan akan bencana kebakaran.

Buku juga merupakan sarana pemicu kebakaran, sehingga beberapa alat pemadam pun disiapkan oleh Bagian Sarana Prasarana agar bencana dapat diatasi dengan baik. Dua staf yang ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam K3 ternyata dirasa belum cukup. Pihak perpustakaan pun mengundang Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya untuk memberikan pelatihan kepada kurang lebih 30 orang staf yang ditunjuk. Pembentukan satuan petugas K3 dengan lini pekerjaan khusus pun dibagi oleh Bagian Sarana Prasarana. Tim kunci yang dibentuk adalah evakuasi dan P3K.

Semua staf yang telah tergabung dalam beberapa tim langsung mendapat pelatihan secara teori dan praktika dari Dinas Kebakaran, bahkan pelatihan bagaimana memadamkan api dengan berbagai model peralatan pun dicoba. Praktika bagaimana mengevakuasi pelanggan untuk berada di titik kumpul pun juga dilakukan. Waspada dan tahu bagaimana menangani bencana dengan baik adalah kuncinya. Pelatihan serupa juga akan diadakan kembali tanpa pemberitahuan sehingga kesiagaan seluruh Tim K3 teruji, demikian tutur Kepala Perpustakaan Bapak I Made Narsa saat berada di titik kumpul.

Hits 2317