Mengenal Anak Melalui Gambar

11102016“Gambar” memiliki banyak definisi dalam buku ini, salah satunya adalah gambar merupakan sebuah permainan, selama itu tidak memaksa justru dapat menghibur si pembuatnya. Gambar adalah ungkapan dari mimpi yang disalurkan diatas kertas. Si pembuat memunculkan keinginan-keinginannya baik disadari ataupun tidak. Penulis mencoba menyelami pemikiran anak-anak melalui contoh-contoh gambar, karena setiap anak adalah unik.

Setiap gambar memiliki makna dan simbol yang siap untuk dijabarkan. Tema pada gambar, penempatan berbagai elemen, goresan garis, pilihan, dan komposisi warna merupakan tanda-tanda yang dapat dibaca dengan mata yang jeli dan berpengalaman. Penggunaan simbol pada gambar dapat dilihat hubungan yang dapat dibangun antara gambar dan tipe kepribadian. Salah satu contoh ketika seseorang anak menggambar jeruji pada jendela, diartikan bahwa ketidakmampuan seorang anak dapat beradaptasi dalam keluarga.

Selain simbol, warna juga dapat menjelaskan kepribadian dan kondisi anak. Anak-anak yang membubuhkan warna dalam gambarnya ada dua cara, yang pertama adalah dengan meniru alam yakni langit diwarnai biru, tanaman diberi warna hijau dan matahari diwarnai kuning. Cara kedua adalah mengikuti alam bawah sadarnya. Poin terakhir ini adalah hal yang paling mengungkapkan pemikiran dan kepribadian seorang anak.

Buku karangan Roseline Davido ini sangat membantu orang tua yang ingin mengenal lebih jauh karakter anaknya lewat sebuah gambar. Karena disetiap pembahasan disertai contoh gambar yang dilukiskan seorang anak tentang kondisi yang berbeda-beda dan tidak lupa penulis pun  memberikan ulasan arti gambar tersebut sesuai dengan kondisi anak tersebut sehingga mudah untuk dimengerti oleh pembaca.

Didalam buku ini sangat dijelaskan bahwa kegiatan menggambar dapat mewakili kondisi keluarga, tingkat kecerdasan anak, keberhasilan dan kegagalan anak disekolah. Penasaran dengan buku ini.. silakan membacanya di ruang koleksi khusus I lantai 2 perpustakaan kampus B, di nomor klas 155.4 Dav m. Selamat membaca

Hits 3280