Perpustakaan Desa Kepatihan Menganti

IMAG2854 2Dwi Prihastuti, pustakawan UNAIR yang berkarya di Kampus A ini memulai penuturan cerita sebuah drama kecil di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Cerita mengenai persahabatan antara kunang-kunang , kelinci dan kucing ini disajikan oleh para pustakawan UNAIR di sebuah perhelatan ALSA Care 2016. Nadia Tsaurah menjadi kunang-kunang, Sukma Kartikasari menjadi anak kucing, Novianti menjadi seorang kelinci begitu menggoda adik-adik yang masih duduk di PAUD untuk menyimak tutur cerita dari awal hingga akhir.

Tim Pengabdian Masyarakat Perpustakaan UNAIR yang dikomandoni oleh Ibu Turwulandari ini mengisi salah satu slot peresmian sebuah Perpustakaan Desa yang digagas oleh teman-teman dari ALSA Care. Alsa yang merupakan kepanjangan Asian Law Students Association memiliki rasa kepedulian akan dunia pendidikan dan membangunnya melalui perpustakaan. Perpustakaan Desa Kepatihan yang digagas teman-teman dari ALSA ini untuk menumbuhkan minat baca anak bahkan penduduk di sekitarnya. Sebelum peresmian berlangsung, ALSA juga mengadakan sebuah perbincangan mini yang dihadiri Dosen FH UNAIR I Wayan Titip Sulaksana, Sekretaris Perpus UNAIR Ibu Suhernik dan Bapak Dhahana Adi seorang penulis buku Surabaya Punya Cerita.

Membangun minat baca masyarakat memang memerlukan perjuangan, baik dari keluarga ataupun lingkungan. Namun, keluarga masih komponen terpenting untuk menciptakan budaya baca. Langkah-langkah yang bisa ditempuh adalah contoh ayah dan ibu yang terpola telah suka membaca, bertutur cerita saat tidur bahkan dengan peragaan cerita. Beberapa langkah inilah yang sangat terasa kurang dilakukan oleh para orang tua masa kini dan ini menjadi PR keluarga Indonesia. Bapak I Wayan menuturkan saat ada koleganya di Jepang, bagaimana orang tua di sana menanamkan cerita sejarah sejak dini pada anaknya saat berada di gendongan dan itu perlu dicontoh di sini. Para pembicara yang hadir siang itu berharap, perpustakaan yang dibangun nantinya meningkat koleksinya, bahkan bermanfaat bagi warga dan jangan sampai berkurang, begitulah pesan terakhir sebelum peresmian dibuka. 

Hits 1238
 
 
 

semiloka.pua2020