Be a Writer Librarian

08112016Masih muda namun semangatnya luar biasa untuk mengembangkan diri dan profesi yang sedang dijalani saat ini, yaitu sebagai seorang pustakawan. Dialah Moh. Mursyid, pustakawan di Perpustakaan Emha Ainun Nadjib (EAN) Yogyakarta dan Perpustakaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Daerah Istimewa Yogyakarta ini sangat aktif dalam dunia tulis-menulis. Banyak karya yang telah dihasilkan oleh pustakawan yang satu ini, salah satunya adalah buku Be a Writer Librarian. Buku ini menyajikan tulisan mengenai pentingnya seorang pustakawan untuk bisa dan rajin menulis, kiat-kiat bagaimana cara memulai untuk menulis dan disertai contoh tulisannya yang pernah dimuat dibeberapa koran nasional.

Buku ini mengarahkan pustakawan untuk terbiasa menulis artikel di media massa, dan saya tertarik dengan pepatah Malaysia dalam salah satu bab dalam buku ini. Pepatah tersebut mengatakan bahwa “jangan jadi penyu yang bertelur ribuan tetapi senyap-senyap, melainkan jadilah ayam, hanya bertelur sebutir tetapi riuhnya sekampung”. Maksudnya adalah sekecil dan sesederhana apapun kreativitas kita di perpustakaan sudah seharusnya disosialisasikan agar masyarakat mengetahuinya. Sebesar dan sebagus apapun kreativitas yang kta lakukan di perpustakaan selama tidak dituangkan dan disuarakan, maka semua itu hanyalah milik kita pribadi dan masyarakat tidak akan pernah mengetahui apa itu perpustakaan.

Buku ini sangat membantu pustakawan atau profesi apapun yang ingin mulai melangkah untuk terbiasa dan bisa menulis artikel di media massa, karena ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami dan disertai dengan contoh artikel yang berhasil dia kirim ke koran-koran nasional. Dan bagi pemula, dengan membaca buku ini dan melihat latar belakang serta pengalaman penulis dalam dunia kepenulisan maka akan menjadi sebuah pemacu semangat untuk bisa aktif menulis seperti Moh. Mursyid. Buku ini bisa di dapatkan di Koleksi Khusus 1 Perpustakaan UNAIR Kampus B dengan nomor klasifikasi 020.92 Mur b, selamat membaca.

Hits 842