Meraih Keajaiban Rezeki dengan Wirausaha

1 14112016Entrepreneurship sesungguhnya mendapat tempat yang sangat tinggi dalam Islam. Menjadi salah satu ibadah dan mendapat ganjaran pahala di sisi Allah karena ia menyumbang kepada sumber rezeki individu dan keluarga. Selain itu, entrepreneurship dianggap sebagai amal shaleh (good deeds) karena kegiatannya memberikan pendapatan individu, menawarkan kesempatan kerja kepada masyarakat sehingga mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Sehingga pada akhirnya akan berdampak pada berkurangnya angka kriminalitas dan menimbulkan kondisi kondusif di masyarakat.

Sebagai seorang pengusaha muslim, penulis menyadari akan pentingnya nilai-nilai spiritual diterapkan dalam dunia usaha. Bahkan lebih jauh, penulis meyakini bahwa spiritual entrepreneurial quotient ini harus disandarkan pada ajaran agama sebagai wujud dari rasa tanggung jawab kita terhadap Tuhan (responsibility to God). Seorang entrepreneur harus menyadari bahwa dalam setiap usaha kita terdapat campur tangan sang Khalik. “Kewirausahaan berdasarkan spiritualisasi memandang bisnis sebagai sarana untuk meraih tujuan, ketimbang menjadi tujuan itu sendiri”            .

Melihat pentingnya penerapan kecerdasan spiritual Islam dalam membentuk para entrepreneur andal yang berakhlak mulia, penulis pun menggagas Spiritual Entrepreneurial Quotient (SEQ). SEQ adalah kecerdasan yang menjadi pedoman, arah, dan tujuan untuk apa dan bagaimana seorang entrepreneur menjalani dan mengelola bisnisnya berdasarkan nilai spiritual Islam. Tujuannya, agar tercipta entrepreneur/pengusaha yang mampu menjaga dirinya dari perbuatan tercela, seperti korupsi, menipu, menyuap, manipulasi, dan serakah. Selain itu juga dapat menyeimbangkan diri antara mengejar kekayaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Inilah kesuksesan diatas kesuksesan yang akan diperoleh entrepreneur berbasis Spiritual Entrepreneurial Quotient (SEQ) : (1) Orientasi mengejar akhirat; (2) Mengingat mati; (3) Selalu berdzikir; (4) Menyadari tugas sebagai Khalifatullah Fil Ardhi – pengatur, pengelola, dan pengguna seluruh sumber daya yang ada di muka bumi untuk kesejahteraan dan kemakmuran umat manusia; (5) Mencintai Allah dan Rasul-Nya, serta berjihad di jalan Allah.

Mempelajari SEQ akan menjadi landasan bagi setiap pengusaha muslim untuk membangun perusahaannya menjadi perusahaan berbasis spiritual (spiritual company) yang akan senantiasa menempatkan visi, misi, dan strategi mereka dalam konteks makna dan nilai yang lebih luas serta selalu mawas diri yang akhirnya menyelamatkan kehidupan, meningkatkan kualitas hidup, memperbaiki taraf pendidikan, kesehatan, komunikasi, memenuhi kebutuhan manusia, dan melestarikan lingkungan global.

Buku yang berjumlah 223 halaman, dengan font huruf yang cukup besar ini menjadi wajib untuk dibaca hingga tuntas karena pembahasan yang begitu detail. Dimulai dari apa makna kesuksesan menurut Islam, bagaimana keyakinan kepada Quran dan Sunnah, apa saja kewajiban bekerja dan berwirausaha menurut Islam, apa saja karakteristik seorang muslim dalam berwirausaha, apa makna kecerdasan spiritual Islam dalam berwirausaha, bagaimana cara memulai usaha tersebut. Makna wirausaha berarti memimpin, bagaimana manajemen usaha seorang muslim, bagaimana memimpin perusahaan, hingga penambahan materi tentang kisah-kisah sukses para pengusaha muslim.

Temukan buku karya Dr. H. Muhammad Syahrial Yusuf, S.E. ini di Ruang Koleksi Khusus I dengan call number KK 338.04 Yus m. Saat ini beliau menjabat sebagai Dewan Pembina LP3I Group dan Dewan Pembina Universitas Az-Zahra. Selamat Membaca dan Salam Sukses!  

Hits 1166