IMAG3404 2Kamis-Sabtu 10-12 November 2016, Perpustakaan UNAIR mengikuti semarak kegiatan yang diadakan dalam rangka Dies Natalis UNAIR yang ke 62 salah satu diantaranya adalah Indonesia Research and Innovation Expo 2016. Ajang yang lebih mengunggulkan riset dan inovasi dalam dunia pendidikan ini diikuti beragam lembaga baik dalam dan luar UNAIR, swasta maupun pemerintah. Perpustakaan sebagai salah satu unit pendukung pendidikan tak mau kalah mengikuti ajang tersebut dengan menampilkan kegiatan unggulannya.

Perpustakaan, kini memiliki beberapa kajian dalam melayani pelanggan. Melalui pameran ini, diharapkan pengunjung bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan. Layanan itu diantaranya berupa pelatihan. Library 101 adalah program pengenalan perpustakaan secara dasar. Dari bagaimana masuk perpustakaan, meminjam buku, menggunakan fungsi katalog online atau bahkan sedikit memperkenalkan jurnal yang dilanggan. Program ini diselenggarakan setiap bulan dan juga bisa berdasarkan permintaan. Program yang baru saja berlangsung sekitar 3 bulanan ini dikhususkan untuk mahasiswa baru.

Program pelatihan yang ditawarkan selanjutnya adalah Reference Manager di mana perpustakaan memiliki 2 kajian dianjaranya Mendeley dan EndNote. Pelatihan ini sudah berlangsung lama dan lebih dimanfaatkan mahasiswa S2 dan S3. Selain pelatihan diatas, ada beberapa pelatihan lain yang coba ditawarkan oleh perpustakaan diantaranya Google Scholar, E-Proxy, Penelusuran Jurnal, American Corner Highlight dan Prezi. Pelatihan yang ditawarkan sudah memiliki jadwal khusus di bulan November ini.

Petugas juga memberikan informasi kepada pengunjung stan, bila mereka tidak memiliki waktu bergabung di pelatihan yang telah dijadwalkan, mereka juga bisa mengikutinya berdasarkan permintaan. Syarat dan ketentuannya adalah mahasiswa UNAIR, > 5 orang, menggunakan hari kerja Senin-Jumat 08.00-16.00 untuk meminta kelas pelatihan dan yang terakhir wajib memberitahukannya 1 minggu sebelum pelaksanaan kelas. Selain menawarkan program pelatihan, pengunjung dapat berselfie bersama di stan dan langsung diunggah di media sosial twitter. 

Hits 486