The Power of Team

11 14122016
Buku karya Mayor Suryo Laksono (2016) ini mengisahkan tentang kepiawaian Suhartono, CEO FIFGROUP dalam membuat perusahaan yang dipimpinnya menjadi seraksasa sekarang. Sehat dan bertumbuh. Sosok kepribadian yang memiliki visi misi jelas, strong leadership, strategi tepat, sistem yang menunjang, dan menjadi role model ini mampu menggerakkan tim menjadi kekuatan yang dapat mewujudkan cita-cita perusahaan.

Tahun 2007 merupakan tonggak awal Suhartono menjadi orang nomor satu di FIF atau saat ini dikenal dengan nama FIFGROUP. Dengan sejuta strategi dan pengalaman, Alumnus Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ini bersama tim keluar dari masa sulitnya. Memang, di tahun sebelumnya FIFGROUP turut merasakan dampak buruk akibat terpuruknya perekonomian Indonesia. Sejak pertama kali berdiri sebagai salah satu perintis industri pembiayaan tanah air, ia lolos dari hantaman krisis keuangan tahun 1997-1998, krisis pasca kenaikan harga BBM tahun 2005, krisis keuangan global tahun 2008, hingga krisis likuiditas pada tahun 2015 akibat naiknya mata uang US$. Kandaskah? Tidak. Tidak hanya survive, FIFGROUP rupanya mampu tumbuh dan berkembang. Bukan hanya business scale-nya saja, tapi juga mampu mendiversifikasi usaha pembiayaan meliputi sepeda motor Honda, peralatan elektronik & rumah tangga, mobil bekas, pembiayaan ritel, pembiayaan haji dan umroh, dsb. Tidak hanya nilai pembiayaan terus naik (sampai pertengahan tahun 2015 mencapai Rp. 10,9 Trilliun), namun keuntungan juga terus diraih.

Ini semua tak lepas dari upaya keras Suhartono. Pengalaman kerjanya yang dirintis dari tingkat regional di Jawa Tengah, menjadi manajer, menjadi direktur, hingga mendampingi (menjadi pilot) Presiden Direktur FIFGROUP 1998-2007, Ida P. Lunardi, adalah catatan keberhasilannya.

Tentu saja, keberhasilan bukan buah hasil aksi individual Suhartono semata. Tentu ada dukungan dari jajaran tim kerja dan seluruh karyawan. Bahwa dia mengembangkan gaya kepemimpinan sederhana, rendah hati, banyak humor dan nyaris tak berjarak dengan bawahan. Tak lepas dari karakternya yang tenang dan emosional. Ia lebih sebagai pembimbing dan pendamping karyawan, daripada seorang atasan.

Ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan FIFGROUP sehingga sukses mempertahankan pangsa pasarnya sejauh ini. Pertama, FIFGROUP mampu memberikan solusi terbaik kepada konsumen tanah air melalui proses kredit yang ringkas dan cepat, serta angsuran kredit yang kompetitif. Kedua, FIFGROUP punya jaringan yang sangat luas hingga ke pelosok daerah. Ini memungkinkan untuk melayani konsumen dimanapun di seluruh Indonesia. Ketiga, FIFGROUP tak berhenti berinovasi, dengan terus mengembangkan jenis layanan kredit motor baru, motor bekas, permodalan usaha retail, ibadah haji/umroh, dll. Keempat, FIFGROUP didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten & sistem teknologi informasi yang terintegrasi. Kelima, FIFGROUP memiliki resiko likuiditas dan kredit yang baik.

FIFGROUP memiliki akar budaya organisasi yang kuat. Sikap optimis Suhartono berhasil memotivasi tim untuk lepas landas keluar dari turbulensi. Kuatnya komitmen, menggelorakan semangat, dan memacu kerja keras. Hingga kini FIFGROUP tak henti memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia.

Melalui buku ini, banyak hal yang bisa di dapat dari seorang Suhartono, yang mana hal itu sangat berguna bagi siapapun dalam mengelola perusahaan. Dan juga dapat menjadi inspirasi untuk berbuat sesuatu yang positif sehingga berdampak pada kemajuan sekitar kita.

Buku dengan ketebalan 304 halaman ini disajikan dengan bahasa yang sangat baik, diperjelas dengan tampilan foto dokumentasi hitam-putih. Buku ini tidak hanya wajib dibaca oleh pelaku industri multifinance, tapi juga para generasi muda dari banyak indusri yang hendak menjadi pemimpin pasar di masa depan sehingga diharapkan akan banyak melahirkan pemimpin-pemimpin yang dapat menjalankan organisasi dengan baik. Temukan buku ini di Ruang Koleksi Khusus I, Perpustakaan Kampus B dengan nomor klasifikasi buku (KK-1) 650.1 Lak p. Selamat membaca! 

Hits 845