Menuntut Ilmu Jadi Mudah

2016 12 16 15 18 500001 2Menuntut ilmu bukanlah hal yang baru, karena pada dasarnya kita tidak akan pernah terlepas dari proses yang dinamakan menuntut ilmu. Realitas kehidupan dan gejala alam memang menuntut dan menuntun kita untuk terus belajar, baik secara formal maupun informal. Dalam prosesnya sering ditemui rintangan dan hambatan. Tidak sedikit yang gagal ditengah jalan. Kegagalan mereka berimbas dari pribadinya yang tidak menyiapkan bekal belajar, atau kelalaian dan ketidaktahuan orang tua terhadap hal-hal yang wajib diperhatikan ketika putra putrinya memasuki bangku belajar.

Buku ini dihadirkan untuk menjawab dilema pelajar yang masih buntu dalam menjalani proses belajar, serta kegagalan pendakwah dalam menjalankan misi dakwahnya. Juga akan ditemukan tentang metode dasar dalam menimba ilmu yang wajib diketahui para penuntut ilmu, baik sebelum atau ketika dalam proses sedang menuntut ilmu.

Buku karangan Abdul Hamid M. Djamil, Lc. Ini terdiri dari 8 bab dengan bahasan yang detail. Diawal bab dibahas tentang pengertian ilmu yang di dalamnya mencakup definisi ilmu, bagaimana hukumnya hingga kedudukan orang berilmu, pada bab yang lain tentang modal dan pentingnya niat dalam belajar, hingga bagaimana hendaknya dakwah diaplikasikan.

Kelebihan dari buku ini adalah dalam setiap pembahasan selalu dihadirkan kisah-kisah menarik dari ulama Islam dan pengalaman pribadi penulis. Hal lain yang menarik dalam buku ini, pengarang mengajak penuntut ilmu agar mengamalkan petuah-petuah dari para ulama besar seperti Imam Nawawi, Al-Ghazali, Imam Syafi'i, Syehk Mutawalli Sya'rawi, dan orang-orang yang sukses lainnya. Salah satu yang paling penting bagi penuntut ilmu adalah niat. Niat harus lurus karena Allah,  bukan karena ingin terkenal, dianggap alim, atau ingin mendapat kerja, dan jangan sampai ria.

Buku ini bisa ditemui di Koleksi Fisip Corner dengan nomor klasifikasi 370.152 3 Dja a. Selamat Membaca.

Hits 1345