Pelatihan SoftBook dari Kain Flanel

IMAG4235 2Bertepatan dengan Hari Ibu, divisi Pengabdian Masyarakat Perpustakaan UNAIR yang dikomandani oleh Turwulandari, pustakawan yang bertugas di Bagian E-Lib Kampus B ini mengadakan sebuah kegiatan di mana mengajak seluruh ibu-ibu pengajar PAUD/TK di sekitar kampus UNAIR untuk membuat sebuah kreativitas unik dari kain flanel yang dinamakan softbook. Kurang lebih 25 orang turut serta bergabung dalam program menarik ini. Panitia acara pun telah jauh-jauh hari mempersiapkan dengan baik selain bahan-bahan untuk membuat softbook (peserta hanya cukup bermodalkan datang ke acara) juga tim untuk memandu peserta selama kegiatan berlangsung.

Softbook sendiri merupakan wahana bercerita untuk anak agar anak nantinya berkenan membaca buku yang sesungguhnya. Softbook bisa menjadi sebuah rangkaian peristiwa, pengenalan huruf, warna, angka dan bahkan mengajak anak untuk berkonsentrasi dalam cerita yang dituturkan. Acara dipandu sepenuhnya oleh Ani Sistarina seorang pustakawan yang menggeluti softbook dan setiap harinya bertugas di Bagian NBC/Majalah Kampus B. Peserta pun dikumpulkan berdasarkan PAUD/TK yang hadir. PAUD/TK yang hadir dari PAUD Anak Ceria, TK Islam Nabawi, TK Handayani, PAUD Tunas Mandiri, PPT Melati dan TK Aisyiah 06.

Selama kurang lebih 2 jam, peserta pun aktif membuat rangkaian softbook dan setelah usai mereka pun menuturkan atau mepresentasikan karyanya di depan peserta yang lain. Salah satu peserta yang menampilkan karyanya adalah Ibu Karyawati dari TK Islam Nabawi. Beliau cukup cantik dalam menuturkannya ke peserta yang hadir. Ibu Karyawati bercerita tentang liburan di softbooknya. Liburan di kebun bibit dengan menaiki bus. Di dalam softbooknya terdapat gambar-gambar bus, angka dan warna-warni menarik sehingga dipastikan banyak anak ingin memilikinya.

Serangkaian acara yang cukup membawa pengetahuan baru ini ditutup dengan foto bersama Kepala Perpustakaan UNAIR dengan menampilkan hasil karya masing-masing peserta. 

Hits 2231