Bahasa, objek penelitian?

29122016 3Bahasa merupakan sistem tanda bunyi ajaran yang bersifat barbitter atau sewenang-wenang. Berdasarkan konsep ini, substansi bahasa adalah bunyi yang dihasilkan oleh manusia. Bahasa mempunyai sistem yang sifatnya mengatur. Bahasa merupakan satu lembaga yang memiliki pola–pola atau aturan-aturan yang dipatuhi dan digunakan (kadang tanpa sadar) oleh pembicara dalam komunitas saling memahami.

Bahasa sebagai objek penelitian yang dijelaskan oleh teori bahasa atau linguistik memiliki beberapa aspek, seperti fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, wacana, teks, pengguna, kegunaan, makna, konteks, dan lain-lain. Seseorang yang tertarik meneliti bahasa dengan pendekatan kualitatif berarti memahami betul konsep-konsep dasar paradigma penelitian kualitatif. Kemudian, pemahamannya tentang penelitian kuantitatif ini akan membidik sasaran, objek yang akan diteliti dengan pendekatan ini. Objek itu perlu dijelaskan dengan menggunakan pendekatan tersebut dan kerangka teori atau paradigma atau linguistik yang mengkaji bahasa sebagai objek masalah penelitian.

Untuk itu, metode penelitian bahasa merupakan suatu hal yang penting. Metode penelitian bahasa akan membantu para peneliti untuk mendapatkan kesimpulan atau rumusan masalah penelitiannya. Buku penelitian bahasa ini merupakan buku pegangan atau panduan dalam meneliti bahasa. Buku ini secara terperinci membahas paradigma kuantitatif penelitian bahasa, objek penelitian bahasa, kerangka teori penelitian bahasa, proposal penelitian kuantitatif, metode menyediakan data, menganalisis data dan cara menulis kutipan. Buku ini layak dijadikan pegangan para peneliti bahasa maupun oleh mahasiswa yang sedang memperlajari linguistik, baik murni, makro maupun aplikatif dengan kesimpulan yang akurat.

Buku ini lahir karena inspirasi menguji skripsi dan membimbing mahasiswa di FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Buku ini menarik untuk dibaca karena membahas secara tuntas mengenai metode penelitian bahasa mulai dari tipe penelitian kuantitatif hingga bagaimana cara membuat bibiliografi. Buku setebal 325 halaman ini bukan buku yang tipis namun cukup nyaman untuk dibaca. Buku dapat ditemukan di Ruang Referensi Perpustakaan UNAIR Kampus B dengan judul Metode Penelitian Bahasa dan nomor klasifikasi R 410.72 Muh m. Selamat Membaca.

Hits 3590