Sejarah Indonesia

30122016 3Nusantara Sejarah Indonesia merupakan pustaka yang ditulis oleh Bernard H.M. Vlekke menceritakan tentang sejarah Indonesia yang merupakan edisi revisi. Edisi pertama diterbitkan pada tahun 1943, edisi baru ini seluruhnya merupakan revisi dari edisi pertama, dan dihasilkan dari hasil riset history yang baru.

Buku terbitan KPG ini terdiri dari pendahuluan yang menceritakan tentang latar belakang geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan 16 bab yang masing-masing bab menceritakan bagian-bagian perjalanan sejarah Indonesia.  Bab 1. Fajar Sejarah Indonesia, Bab 2. Kerajaan-Kerajaan Jawa dan Sumatra, Bab 3. Pendiri-pendiri imperium di Jawa, Bab 4. Muslim dan Portugis, Bab 5. Pedagang dari Negeri Rendah, Bab 6. Indonesia di Zaman Sultan Agung dan Jan Pieterzoon Coen, Bab 7. Keunggulan Kekuatan Laut di Indonesia, Bab 8. Keruntuhan Negara–Negara Indonesia, Bab 9. Aspek-Aspek Baru Kehidupan di Indonesia, Bab 10. Orang Belanda dan Indonesia pada Abad Ke18, Bab 11. Herman Willem Daendels Napoleon dari Batavia, Bab 12. Thomas Stampord Raffles, Pendiri Singapur, Bab 13. Johannes Van Den Bosch dan Kaum Liberal, Bab 14. Penyatuan Indonesia, Bab 15. Berakhirnya Suatu Koloni, Lahirnya Suatu Bangsa, Bab 16. Menuju Perang dan Revolusi

Pada masing-masing bab diatas dijelaskan secara rinci bagaimana peristiwa dan kejadian pada masa itu, pada bab-bab tertentu disertai dengan peta yang memperjelas gambaran dari apa yang telah dijabarkan. Dalam buku ini juga dijelaskan tentang keruntuhan kerajaan Majapahit, yang menurut Vlekke bukan disebabkan oleh kerajaan Islam yang ada Nusantara pada saat itu. Lebih menariknya lagi Vlakke menjelaskan tentang alasan masyarakat Jawa pada saat itu berbondong-bondong masuk Islam bukan karena kesadaran, akan tetapi menurut Vlakke karena situasi politik yang mendorong mereka untuk melakukan demikian. Mereka dihadapkan pada pilihan yang sulit antara bersekutu dengan Portugis atau bekerjasama dengan Johor atau Demak.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh para siswa, mahasiswa serta guru yang ingin mendalami atau belajar tentang sejarah dan perjalanan Negara Indonesia. Ukuran buku ini sangat pas, sehingga mudah untuk dibawa. Cover yang ditampilkan menggambarkan bagaimana perjuangan jaman kerajaan sudah mampu menggambarkan isi yang disampaikan dalam buku ini. Tetapi kertas yang digunakan kurang menarik karena menggunakan kertas buram, sehingga terkesan kusam dan juga kurang bagus untuk penyimpanan yang lama. Buku yang telah direvisi di tahun 2008 ini bisa dibaca secara lengkap di Bagian NBC Perpustakaan UNAIR Kampus B dengan nomor 959.8  Vle  n. Selamat Membaca.

Hits 4217