05012017

Perempuan dikaruniai Allah memiliki kemampuan untuk mengandung, melahirkan dan menyusui yang tidak dijalani dan dialami oleh laki-laki. Tentu realitas ini wajar dan dalam setiap agama diwajibkan agar anak hendaklah berbakti kepada orangtua khususnya ibu. Proses mengandung, melahirkan dan menyusui merupakan realita yang disertai rela berkorban seorang ibu sehingga wajar itu menjadi nilai-nilai luhur yang tetap dipertahankan masyarakat.

Buku terbitan Ar-Ruzz Media ini akan menambah khazanah keilmuan keperawatan dan membekali para mahasiswa yang mempelajari ilmu keperawatan serta para perawat klinik membantu lebih mengenal keperawatan maternitas dan khususnya menghadapi ibu pasca persalinan dengan kematian janin.

Keperawatan maternitas merupakan area yang berkaitan  dengan kondisi antenatal, intranatal, postnatal, bayi baru lahir dan kesehatan reproduksi. Semua area antenatal sampai periode postnatal disebut periode perinatal. Semua kondisi dalam periode perinatal akan menarik untuk ditelaah termasuk periode post natal dengan kematian  janin.

Ibu dalam kondisi postpartum dengan kematian janin yang disebut Intra Uterine Fetal Death (IUFD) adalah suatu kondisi hasil akhir kehamilan dengan terjadi gangguan pada kehidupan janin, kegawatan pada janin sebagai akibat dari infeksi yang tidak terdiagnosis sebelumnya sehingga diketahui janin telah meninggal. Hal ini merupakan suatu kondisi  krisis bagi ibu postpartum. Sebagai perawat yang bertugas di bagian keperawatan maternitas tentunya harus memiliki kemampuan untuk membantu ibu dalam melewati masa krisis secara adaptif.

Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan mahasiswa keperawatan dan para perawat rumah sakit harus benar-benar menguasai keilmuan itu agar mampu melakukan pengelolaan ibu postpartum dengan kematian janin. Melalui  buku ini dipaparkan beberapa hal yang meliputi dasar keilmuan pentingnya perawatan ibu postpartum dengan kematian janin, asuhan keperawatan antenatal resiko tinggi konsep postpartum, manajemen Intra Uterine Fetal Death (IUFD), teori lost and grieving, aplikasi model konseptual dan teori keperawatan postpartum dengan kematian janin, case study Penerapan Konsep dan Teori Keperawatan pada asuhan keperawatan ibu postpartum dengan kematian janin dan manajemen antenatal care sebagai upaya preventif mencegah resiko kematian janin.

Berdasarkan paparan tersebut di atas maka buku ini dibagi dalam beberapa bagian agar mudah dipahami untuk dipelajari. Adapun pembagiannya sebagai berikut Bab I Pendahuluan, Bab II Konsep Postpartum, Bab III Manajemen Intra Uterine Fetal Death (IUFD), Bab IV Teori tentang kehilangan dan berduka (lost and grieving), Bab V Konsep dan teori keperawatan dalam proses keperawatan pada ibu postpartum dengan kematian janin. Bab VI Case study penerapan konsep dan teori keperawatan pada ibu postpartum dengan kematian janin. Bab VII  Depresi postpartum. Bab VIII Peranan social support dalam adaptasi ibu postpartum dengan kematian janin. Bab IX Manajemen antenatal care (ANC) sebagai upaya preventif mencegah resiko kematian janin (IUFD).  Bab X Penutup berisi kesimpulan dan saran. Selain itu buku ini dilengkapi dengan glosarium untuk beberapa istilah yang tidak umum.

Karya ilmiah yang ditulis oleh Diyan Indriyani, dosen Universitas Muhammadiyah Jember yang telah menyelesaikan pendidikan pascasarjana bidang Keperawatan dengan spesialisasi Keperawatan Maternitas. Disamping sebagai dosen, ia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Jember (periode 2011-2015). Ditengah-tengah kesibukannya beliau masih sangat concern dalam rangka pengembangan dan pengamalan ilmu dengan melakukan penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai disiplin ilmu yang diminati tersebut. Buku berjudul Aplikasi Konsep dan Teori Keperawatan Maternitas Postpartum dengan Kematian Janin dapat ditemukan di Koleksi Khusus Perpustakaan UNAIR Kampus C dengan nomor klasifikasi 618.6 Ind a. Selamat Membaca (Menik)

 

Hits 645