Sosialisasi pemanfaatan e-resources

09012017 1Kesuksesan kegiatan perkuliahan harus didukung dengan bahan bacaan yang up to date dan berkulitas. Perpustakaan sebagai jantung dari perguruan tinggi berkewajiban menyediakan sumber-sumber belajar yang dapat membuat atmosfir perkuliahan selalu berdetak dengan baik. E-resources yang dilanggan dengan biaya yang besar seyogyanya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh siva demi keberhasilannya.  Prof I Made Narsa selaku Kepala Perpustakaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa harus dapat memanfaatkan e-resources yang ada di perpustakaan semaksimal mungkin, sehingga tercipta banyak penelitian, tulisan, karya ilmiah berkualitas yang dihasilkan.

Pada hari Rabu tanggal 4 Januari 2017 pukul 19.00 s.d 21.00 Perpustakaan Unair  memberikan pembekalan kepada para mahasiswa program matrikulasi program studi Magister Akuntansi pelatihan pemanfaatan e-resources. Ika Rudianto sebagai pemateri memperkenalkan e-resources yang ada di perpustakaan yang meliputi: ejournal, ebook, dan repository. Pelatihan ini diikuti sebanyak 20 orang mahasiswa ini mereka diperkenalkan pada cara penggunaan fitur-fitur yang ada pada e-resources.

Peserta pelatihan semakin antusias saat pemateri memberikan penjelasan tentang apa bedanya antara fungsi search dan browse pada e-journal, bagaimana cara melakukan penelusuran simple dan advance, bagaimana penerapan bolean logic dalam penelusuran, bagaimana cara mengunduh file e-journal, dll.

Akses e-resources yang selama ini cuma bisa dilakukan di jaringan I.P Universitas Airlangga, sekarang sudah bisa diakses dari jaringan internet dari manapun menggunakan proxy sehingga sudah tidak ada alasan lagi mahasiswa tidak bisa mendapatkan sumber bacaan yang up to date dan berkualitas  Peserta pelatihan diajarkan bagaimana mengatur proxy dan diberikan username dan password untuk dapat mengakses e-resources dari rumah.

Pada akhir pelatihan juga diinformasikan berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh perpustakaan seperti: Pelatihan Mendelay, Optimalisasi Ms Office, Google Scholar, Finishing I.R, Prezi, yang dapat diikuti secara gratis. (guruh)

Hits 992
 
 
 

semiloka.pua2020