Seri Pemikiran Tokoh: EPISTEMOLOGI KIRI
kiri.fw  Judul                      
Pengarang   
Penerbit
Tahun Terbit
Tebal Buku
ISBN
No Klas
Koleksi
: Seri Pemikiran Tokoh: Estimologi Kiri
: Listiyono Santoso, Heri Santoso, I Ketut Wirsaja, dll.
: Ar-Ruzz Media 
: cetakan I (edisi revisi) 2015
: 360 halaman, 14×21 cm
: 979-3417-10-2
: 101 Epi
: Koleksi Khusus 1 Kampus B

Buku seri pemikiran tokoh: Epistemologi Kiri dibuat oleh staf pengajar Fakultas Sastra Unair Listiyono Santoso sekaligus sebagai editor. Selain itu terdapat 7 penulis lainnya antara lain: Heri Santoso, I Ketut Wisarja, Made Pramono, Novella Parchiana, Sarjuni, Sri Rahayu Wilujeng, Robby H Abror, mereka ini adalah alumni S2 Ilmu Filsafat di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. 

Buku ini menawarkan tema pemikiran filsuf yang di cap "kiri" oleh zaman, dari periode awal sampe pada periode kontemporer, antara lain: Karl Marx, Friedrich Wilhelm Nietzsche, Antonio Gramsci, Max Horkheimer, Herbert Marcuse, Paulo Freire, Karl Feyerabend, Michel Foucault, Mohammed Arkoun, Jurgen Habermas, Jacques Derrida, Hassan hanafi, Asghar Ali.

Semua tokoh dengan pemikirannya masing-masing tersebut dikaji dan dielaborasi secara komprehensif dan proporsional. komprehensif karena memerinci berbagai kaitan yang bisa  mempengaruhi pemikiran para tokoh tersebut. Proporsional karena dikaji oleh para penulis dibidangnya (alumni S2 Filsafat UGM). 

Menurut Listiyono Santoso (editor sekaligus penulis) Terminologi Kiri adalah pemikiran dan gerakan sosial yang senantiasa melawan, mengkritik, sekaligus 'merusak' setiap tradisi yang dianggap 'mapan' (establishment). Terutama kemapanan kekuasaan otoriter dan juga kapitalisme modern. Selama ini terminologi "kiri" sebagai sosialis. masyarakat Indonesia terjebak pada pemikiran bahwa hasil pemikiran yang "berbeda" dengan arus utama/ mainstream dianggap sebagai model pemikiran "kiri" yang selalu diidentikkan dengan komunisme. Sehingga dengan adanya buku ini pembaca dapat mengetahui pemikiran para filsuf "kiri" bagaimana proses berfilsafat para Filsuf Kiri dan menciptakan gagasan-gasan yang menentang kemapanan, seolah pembaca sedang membaca ringkasan biografi para filsuf Kiri. (Nurma)

 

 

Hits 3395