Pustakawan dan Angka Kredit

25012016Angka kredit merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan pustakawan di lingkungan pemerintahan. Jenjang karir fungsional pustakawan ditentukan oleh perolehan angka kredit yang dikumpulkan. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) merupakan lembaga yang bertanggungjawab terhadap perumusan dan pembobotan butir kegiatan dan angka kreditnya. Pada bulan November 2016, PNRI menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya.

Peraturan ini harus dipahami oleh setiap pustakawan di lingkungan pemerintahan, tak terkecuali Perpustakaan Universitas Airlangga. Oleh karena itu, Perpustakaan Universitas Airlangga menyelenggarakan pelatihan dengan tema Pengajuan Penilaian Angka Kredit. Materi pelatihan yang disampaikan meliputi sosialisasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya serta penyusunan dokumen pendukung pengajuan penilaian angka kredit.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 20 Januari 2017 di R. Pelatihan Perpustakaan UNAIR Kampus B Lt.1. Pelatihan ini diikuti oleh 26 orang pustakawan di lingkungan Universitas Airlangga. Materi dikemas dan disampaikan secara ringkas dan aplikatif oleh Tim Penilai Universitas Airlangga yang diwakili oleh Guruh Haris Raputra, S.Sos. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para Pustakawan UNAIR memahami tentang bagaimana menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses kenaikan jabatan/pangkat.

Hits 2068
 
 
 

semiloka.pua2020