02022017Statistika untuk kedokteran dan kesehatan edisi 6 menyampaikan alur berpikir yang sistematis menuju uji hipotesis yang tepat. Buku ini menggunakan pendekatan yang sederhana dan aplikatif. Dengan metode seperti ini, penulis berharap akan memberikan lebih banyak manfaat. Adapun pendalaman teoritis selanjutnya dapat dilanjutkkan sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Buku ini bukan merupakan revisi keenam, artinya animo terhadap buku ini sangat besar. Pada edisi revisi ini, ada beberapa hal yang baru. Penulis menambahkan sesuatu yang signifikan yaitu penggunaan metode MSD (Multiaksial Sopiyudin Dahlan) menggantikan tabel uji hipotesis. Selain itu, ada beberapa materi baru yang ditambahkan. Untuk deskriptif, materi tambahan antara lain rerata geometrik, nilai diagnostik  dan deskriptif rate. Untuk analitik, materi tambahan antara lain uji statistik untuk data hasil transformasi, generalized linier model (GLM), validitas dan reliabilita, uji kappa, uji Bland-Altman, komparasi rate (survival), dan komparatif area uner the curve (AUC). Selain itu, terdapat bab tambahan mengenai interpretasi uji statistik secara klinis (besar efek) dan statistik (nilai p dan interval kepercayaan).

Beberapa hal yang yang membedakan edisi enam dengan edisi sebelumnya adalah sebagai berikut. Perubahan Tabel Uji Hipotesis menjadi Metode MSD.

  1. Pada komparatif kategorik tidak berpasangan, penulis menambahkan uji Mann-Whitney sebagai alternatif Uji Chi-Square bila variabel kategorik ordinal.
  2. Perubahan alur pemilihan hipotesis komparatif numerik tidak berpasangan.
  3. Perubahan alur pemilihan hipotesis komparatif numerik berpasangan.
  4. Perubahan alur pemilihan uji hipotesis komparatif kategorik tidak berpasangan.
  5. Perubahan penjelasan tentang syarat distribusi normal untuk komparatif numerik berpasangan dan hipotesis korelatif.
  6. Perubahan redaksional kasus.
  7. Penambahan bab mengenai interpretasi hasil penelitian.
  8. Penambahan interpretasi dari sudut pandang klinis.
  9. Penambahan latihan deskriptif rate, sensitivitas, spesifisitas, dan AUC.
  10. Penambahan latihan uji t tidak berpasangan untuk data hasil transformasi.
  11. Penambahan latihan repeated anova antara dua kelompok.
  12. Penambahan bab komparatif AUC, komparatif kesesuaian (Kappa dan Bland Altman), dan komparatif rate.
  13. Perbaikan penulisan, ejaan, dan data latihan.

Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Edisi 6 yang dtulis oleh M. Sopiyudin Dahlan ini menyajikan alur berpikir yang sistematis untuk menuju uji hipotesis yang tepat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang sederhana, aplikatif, dan tidak terlalu membahas aspek-aspek teoretis, serta perhitungan matematis statistik yang terkadang membuat bosan. Dengan metode seperti ini, penulis berharap buku ini akan memberikan lebih banyak manfaat. Adapun  pendalaman  teoretis selanjutnya dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan.

Setelah membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu menguasai tiga hal penting yang berkaitan dengan uji hipotesis, yaitu dasar-dasar pertimbangan pemilihan uji hipotesis yang tepat, aplikasi uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS, serta interprestasi yang tepat terhadap hasil uji hipotesis.

Perensensi sangat merekomendasikan agar buku ini dibaca mahasiswa kedokteran (umum dan gigi), dan kesehatan  yang akan menulis skripsi atau laporan tugas akhir di tingkat profesi. Buku ini bukan buku yang terlalu serius sehingga pembaca dapat menikmati dan mempelajari statistika bidang kedokteran dan kesehatan secara rilex dan santai karena buku ini disajikan dengan gaya yang berbeda. Penulis berharap pembaca dapat mempelajari statistika secara menyenangkan. 

Hits 1154