Tantangan Literasi

IMAG4813 2Kelompok pustakawan merupakan sebuah program rutin diadakan oleh Pustakawan Universitas Airlangga dan pada bulan Februari ini terasa berbeda. Perbedaan ini terlihat dari kedatangan rekan-rekan Pustakawan dari Ubaya, Untag, STIESIA dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Daya tarik utamanya adalah kehadiran bapak Ida Fajar Priyanto, beliau jauh-jauh datang dari Yogjakarta untuk menjadi narasumber dalam acara ini.

Dengan topik peran perpustakaan dalam mengatasi masalah literasi di Indonesia, Bapak Ida Fajar menjabarkan mengenai apa itu literasi, macam-macam literasi sampai dengan hierarki literasi. Dalam kesempatan tersebut juga dijabarkan mengembangkan literasi informasi dari sisi print literasi, digital literasi, network literasi dan academic literasi.

Salah satu hal yang ditekankan oleh Bapak Ida Fajar kepada peserta untuk tidak hanya mempromosikan dan mensitasi jurnal-jurnal luar yang dilanggan oleh instansi masing-masing, akan tetapi harus dipikirkan bersama bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan secara maksimal jurnal yang ditulis oleh penulis dari dalam negeri agar dunia penulisan di Indonesia tidak kalah oleh jurnal dari luar negeri. (cimoet)

Hits 2508
 
 
 

semiloka.pua2020