10022017Gastroenterologi adalah suatu ilmu yang mempelajari kelainan atau penyakit pada jalan makanan/pencernaan. Gastroenterologi ini termasuk membahas kelainan-kelainan/penyakit keringkongan (esophagus), lambung (gaster), usus halus (intestinum), usus besar (colon), hati (liver), saluran empedu, (tractus biliaris) dan pancreas.

Sejak ditemukan macam virus dan hepatitis oleh Blumberg pada tahun 1965 yang dikenal sebagai HB Ag. Setelah masa itu, penelitian terhadap hepatitis virus semakin pesat, kemudian dikenal 5 jenis virus penyebab hepatitis, yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Walaupun demikian, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat sekitar tahun 1992 ditemukan virus baru sebagai penyebab hepatitis. Virus tersebut bernama hepatitis F virus. Selanjutnya pada pertengahan tahun 1994 ditemukan kembali golongan flavi-virus baru yang dikenal dengan hepatitis G virus.  Dalam buku Gastroenterologi edisi ketujuh ini akan membahas hepatitis G virus.

Gastroenterologi edisi ketujuh ini mengalami penambahan, yaitu esofagitis korosif dan hepatitis G virus. Sedangkan pada bab yang lain tidak mengalami perubahan sama seperti edisi keenam. Penambahan isi buku Gastroenterologi edisi ketujuh ini sangat diperlukan mengingat perkembangan IPTEK.

Buku tepat dimanfaatkan sebagai penambahan perbendaharaan kepustakaan bagi para mahasiswa kedokteran, dokter umum serta dokter spesialis. Buku setebal 933 halaman ini disertai dengan gambar dan indek. Bentuk tulisan tidak terlalu kecil cukup memudahkan pembaca untuk menikmatinya. Koleksi ini tersedia di Koleksi khusus Kampus A dengan nomor 616.33 Had g, selamat membaca. (dewi)

Hits 495