Repository UNAIR kini OPEN ACCESS

170217Pada tanggal 14 Februari 2017 layanan repository UNAIR yang diakses melalui laman lib.unair.ac.id atau langsung ke repository.unair.ac.id kini bisa diakses secara terbuka. Maksud dari akses terbuka ini adalah bila anda menginginkan koleksi yang anda butuhkan tanpa diharuskan memasukkan username dan password. Koleksi yang sudah bisa diakses tanpa penggunaan syarat tersebut adalah koleksi dibawah tahun 2007 sedangkan untuk tahun terbit 2008 hingga sekarang masih belum dibuka dan memerlukan persetujuan dari pihak fakultas. Perpustakaan mengirimkan berkas ke setiap fakultas dalam bentuk formulir embargo. Embargo ini dilakukan agar peneliti bisa menelaah sendiri, apakah berkenan hasil penelitiannya dibuka ataukah tidak. Kewenangan embargo untuk 2008 ke atas diserahkan kepada dosen pembimbing atau pihak fakultas.

OPEN ACCESS repository ini untuk mendukung UNAIR yang ingin menuju universitas berkelas dunia dan banyak karya-karya sivitasnya bisa dinikmati khalayak umum. Perpustakaan berdasarkan SK Rektor No 46 Tahun 2016 ini memiliki kewajiban untuk mengelola seluruh koleksi penelitian yang dihasilkan oleh sivitas. Koleksi yang dimaksud dalam Institutional Repository atau yang disingkat dengan IR adalah hasil karya penelitian baik skripsi, thesis, disertasi, laporan pengabdian masyarakat, prosiding, laporan kerja praktek, dll yang tercantum di pasal 3. Aturan-aturan dan keterangan lengkap mengenai ketentuan serah terima karya cipta bisa diunduh di sini http://bit.ly/2lEYXZN.

Sosialisasi repository ini dimulai dari Fakultas Sains dan Teknologi dan Sekolah Pasca Sarjana dan segera menyusul tempat-tempat yang lain. Program ini dilakukan untuk menekan jumlah plagiat di kalangan akademisi. Jika koleksi telah bisa dinikmati oleh publik maka penulis atau peneliti yang akan melalukan tahapan penelitian bisa menelaah terlebih dahulu bahkan berhati-hati. Semoga dengan dibukanya akses ini, koleksi makin diberdayakan dan memberikan banyak manfaat. 

Catatan: untuk koleksi terbitan 2008 ke atas, saat ini login dan password hanya bisa dilakukan di dalam Perpustakaan UNAIR.

Hits 22052
 
 
 

semiloka.pua2020