IMAG5230 1Literasi informasi adalah kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi dan dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, serta secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi. Dalam masyarakat akademik di perguruan tinggi, kemampuan literasi informasi sangat dibutuhkan oleh sivitas akademika, khususnya mahasiswa. Banyaknya informasi yang beredar melalui beragam media khususnya internet menuntut kita untuk dapat memilah dan memilih informasi yang tepat

Literasi informasi adalah tanggung jawab pustakawan untuk memberikan kepada pengguna perpustakaan, ketrampilan dalam menggunakan sumber-sumber informasi seperti jurnal, buku, bibliografi, direktori dan sebagainya, baik dalam bentuk cetak maupun non cetak (bentuk elektroniknya). Ketrampilan yang membuat pengguna menjadi familier terhadap sumber-sumber informasi dan teknologi yang terdapat di dalam perpustakaan.

Begitu pula yang dilakukan oleh Divisi Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Perpustakaan Unair selama setahun lebih, yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan yang menunjang peningkatan literasi sivitas akademika Universitas Airlangga (Unair) serta untuk mengoptimalkan pemanfaatan E-Resources yang telah dilanggan oleh Unair, yang berupa e-journal dan e-book . Untuk bulan Maret ini, pelatihan yang diadakan adalah pelatihan optimalisasi MS. Word, pelatihan pemanfaatan e-journal dan e-proxy, pelatihan Mendeley dan pelatihan Prezi. Respon sivitas akademika terhadap program pelatihan Perpustakaan yang masih “baru”diadakan tergolong luar biasa. Untuk bulan Maret ini jumlah peserta dalam satu pelatihan dapat mencapai hampir 100 orang mahasiswa. Karena banyaknya jumlah peserta, setiap jenis pelatihan dilakukan dua kali dan peserta dibagi dalam dua kali pelatihan tersebut. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang terjadwal, jadi mahasiswa harus mendaftar dahulu untuk dapat mengikuti pelatihan.

Selain itu, untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti pelatihan karena bentrok dengan jadwal kuliah, bagian Latbang membuka kesempatan untuk mengikuti pelatihan berdasarkan permintaan. Mahasiswa dapat membuat kelompok pelatihan, dengan minimal lima orang kemudian mengajukan tanggal dan jam pelatihan kepada Latbang. Divisi Latbang akan menyesuaikan jadwal yang diajukan oleh mahasiswa dengan jadwal pelatihan Latbang serta ruangan pelatihan yang kosong.

Hits 191