IMG 1836 2Sebanyak 39 orang pustakawan di lingkungan Universitas  Airlangga mengikuti pertemuan rutin kelompok pustakawan. Pertemuan di Bulan Mei  ini digelar dalam format yang berbeda dari pertemuan kelompok pustakawan pada umumnya. Pertemuan yang biasanya menjadi ajang berbagi informasi ini dikemas dalam bentuk pelatihan literasi informasi.

Acara dibuka oleh Prof. I. Made Narsa selaku kepala Perpustakaan Universitas Airlangga membuka acara dan memberikan  sambutan. Beliau mengatakan materi pertemuan hari ini adalah hasil dari pelatihan literasi informasi yang diikuti oleh pemateri di Universitas Muhammadiyah Malang.  Semoga forum berbagi ilmu antar pustakawan ini dapat berjalan dengan baik sehingga kompetensi para pustakawan di lingkungan Universitas Airlangga dapat meningkat.

Pemateri pertama yaitu Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc. menyampaikan pengantar literasi mulai dari definisi,  kemudian manfaat literasi informasi sampai macam-macam model literasi informasi. Pemateri pertama menekankan pentingnya penguasaan literasi informasi oleh para pustakawan. Salah satu materi literasi informasi yang dapat dibagikan ke pemustaka perpustakaan adalah canva.

Pemateri berikutnya, Prasetyo Adi Nugroho, S.Sos. menyampaikan tentang Canva. Canva adalah layanan software online yang memfasilitasi proses editing grafis. Bagi para pengguna media sosial yang masih awam, menghasilkan konten visual yang menarik bisa jadi itu merupakan suatu kendala tersendiri.. Saat ini,  kesulitan itu bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi yang relatif baru, namun aplikasi canva mulai dikenal karena langkah-langkah penggunaannya tidak rumit.

Canva memungkinkan bagi setiap orang untuk membuat desain presentasi, atau orang yang ingin belajar desain untuk membuat undangan, poster, desain blog, dan media sosial. Canva sudah menyiapkan jutaan clip art atau foto-foto yang keren dan artistik. Pengguna canva tinggal “sedikit” berinovasi dapat menghasilkan desain gambar yang memikat.

Canva dapat diakses melalui alamat https://www.canva.com/ merupakan software yang gratis. Canva menyediakan beberapa template yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dan sumber ide. Langkah mudah menggunakan canva adalah dengan memakai template yang ada. Tinggal mencari konten visual sesuai dengan kategori gambar yang sudah dikelompokkan oleh canva, membuat ilustrasi atau posting gambar di media sosial jadi makin mudah dan mengasyikkan. Kita bisa memilih foto atau clip art yang kita butuhkan, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Hits 501