Jawatimuran“Serbaserbi Jawatimuran” mengulas tentang kebudayaan dan kesenian di daerah Jawa Timur, judul ini sangat menginspirasi kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan kesenian Indonesia untuk selalu menggali kebudayaan dan kesenian yang dimiliki masing-masing daerah. Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta berbagai persoalan politik yang muncul di negara kita, membuat  kita terlena dan terlupakan bahwa kita sebagai bangsa yang besar dan beradab memiliki keanekaragaman budaya dan seni yang perlu kita lestarikan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sedikit sekali buku yang membahas tentang kebudayaan dan kesenian daerah di Indonesia.  Kita sering mendengar kebudayaan dan kesenian Indonesia hanya dari cerita atau dari mulut ke mulut, bahwa warisan leluhur perlu kita lestarikan, salah satunya adalah dengan menulis kebudayaan dan kesenian yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Karya ini merupakan hasil dari para penulis muda yang mengikuti Lomba Menulis Muatan Lokal Jawatimuran yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur, Pena Jawatimuran Jatim dan Penerbit Graha Ilmu. Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur merasa bertanggung jawab sebagai lembaga pengelola informasi, maka melalui Pena Jawatimuran yang dibentuknya, berusaha untuk menjembatani para penulis Jatim untuk selalu produktif dalam kegiatan menulis tentang daerahnya. Dengan kegiatan workshop menulis dan lomba menulis muatan lokal menjadi ajang untuk menyaring para penulis.

Tulisan Dwi Novita Ernaningsih dan kawan-kawan ini sangat menarik untuk dibaca, dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh semua pembaca. Kita diajak untuk lebih dekat atau mengenal  kesenian, budaya, dan tempat wisata jawatimuran yang selama ini kita belum tahu serta untuk selalu menjaga warisan para leluhur kita. Sehingga menjadi inspirasi bagi kita untuk menulis berbagai khasanah budaya dan seni daerah di seluruh Indonesia. Semoga dari karya ini dapat terbit karya  atau pustaka serba-serbi tiap daerah di seluruh Indonesia.

Hits 73