petra

Pada tanggal 15 Agustus 2017, dua orang pustakawan Unair ikut berpartisipasi mengikuti seminar nasional yang diadakan oleh Library @Petra. Seminar nasional dengan judul “Menuju Perpustakaan Ramah Disabilitas Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016” dilatarbelakangi adanya isu aksesbilitas untuk seluruh pengguna. Desain ulang library @ petra diajukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aksesibel berdasarkan prinsip berpusat pada kebutuhan pengguna.

Pemaparan materi seminar dilakukan dalam bentuk panel dengan 4 orang pembicara dan 2 orang moderator. Narasumber seminar tersebut adalah 1. Dr. Yusita Kusumarini, S. Sn., M. Ds. (Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra dan Ketua Tim Research Project "Improving Accessibility of All Users in Petra Christian University Library); 2. Dr. Arina Hayati, S.T., M. T. (Dosen disabilitas Prodi Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya); 3. Dra. Labibah Zain, M.LIS. (Kepala Perpustakaan dan dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta); 4. Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc. (Dosen Prodi Arsitektur UK Petra dan Project inisiator "Improving Accessibility of All Users in Petra Christian University Library).

Seminar ini diselenggarakan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kepala Library @ Petra, Dian Wulandari bersama Dosen dan mahasiswa arsitektur UK Petra. Selain itu dalam project tersebut melibatkan pengguna dalam berbagai kalangan, diantara penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia dan anak-anak.

Perpustakaan UIN Sunan kalijaga merupakan salah satu perpustakaan yang sudah memiliki Difabel Corner sejak tahun 2011, dan Labibah Zain selaku kepala perpustakaan UIN Sunan Kalijaga turut hadir untuk berbagi pengalaman dan informasi bagaimana membangun Difabel Corner di perpustakaannya.

Hits 413