Gas dan GagBerawal dari seorang pemuda bernama Jonas anak pengusaha restoran yang cukup sukses di Medan. Karena tahu bahwa ayahnya seorang pebisnis judi, Jonas memutuskan untuk hidup mandiri dan meneruskan kuliah di Surabaya.

Jonas diterima di Universitas Ciputra Surabaya melalui jalur beasiswa. Di Universitas tersebut Jonas bertemu dengan Wulan, Doni, dan Benny (yang akhirnya menjadi sahabat karib), dan mereka membentuk kelompok belajar yang mereka beri nama GAS. Jonas bersama rekan-rekannya mencoba menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku kuliah, dengan menerapkan di kehidupan nyata yakni mengikuti berbagai lomba business plan dan membuat mereka terkenal di kampusnya sebagai kelompok GAS. Di dalam kampus Ciputra juga ada kelompok GAG sebagai saingan terberat mereka, kelompok orang kaya yakni Alex (ketua), Dicky, Rossy dan Bobby.

Persaingan antara GAS dan GAG didengar langsung oleh pak Ciputra sebagai ketua yayasan, dan beliaupun memberikan tantangan satu miliar kepada kedua kelompok itu. Dalam jangka waktu 1 tahun kedua kelompok harus bisa melipatgandakan modal 10 juta menjadi 1 miliar. Beliau berusaha merubah perseteruan destruktif menjadi perlombaan yang produktif.

Novel ini banyak memberi motivasi pada pembaca terutama dalam bidang Entrepreneurship. Ide-ide kreatif tentang usaha bisnis yang dikembangkan sangat unik dan bisa diadopsi untuk dijadikan usaha dalam kehidupan nyata. Persahabatan dari tokoh GAS bisa juga dijadikan pelajaran, mereka saling mendukung sesama dalam keadaan susah maupun senang. Sedangkan GAG dalam novel ini dapat melakukan segala cara untuk memenangkan tantangan meski yang dilakukan adalah kecurangan.

Novel ini benar-benar asyik untuk dibaca. Cerita mengalir lancar dengan alur yang mudah dipahami juga banyak membuat penasaran usaha-usaha apa yang dilalukan GAS dan GAG untuk menjawab tantangan yang mereka hadapi. Gaya bahasa juga ringan, gaya khas anak muda jaman sekarang. Novel yang berjudul Tantangan satu miliar Ciputra: sebuah novel entrepreneurship ditulis oleh Antonius Tanan, Adhika Dwi Pramudita, Rosida Rahmawati Sugiyono, dan diterbitkan Elex Media Komputindo dan koleski ini bisa ditemukan di Koleksi Khusus Perpus Kampus B dengan No.klas 800 Tan t

Hits 88